Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon SUV Murah yang Dapat PPnBM 50 Persen, Tembus Rp 18 Juta

Kompas.com - 08/06/2021, 12:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Low Sport Utility Vehicle (LSUV) atau SUV murah mulai banyak diminati masyarakat Indonesia. Belum lagi ditambah LSUV yang memiliki tiga baris, lengkap sudah mobil orang Indonesia yang gagah dan muat banyak penumpang.

Segmen SUV murah dengan tiga baris merupakan salah satu yang menikamti relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Dengan diberlakukan relaksasi tersebut, harga jual dari SUV murah menjadi lebih menggiurkan.

Sejak awal Juni 2021, besaran relaksasi PPnBM turun menjadi 50 persen saja. Walaupun ada sedikit kenaikan harga, beberapa diler tetap memberi potongan harga bagi yang mau meminang SUV murah dengan tiga baris jok.

Baca juga: 5 Pilihan Mobil Bekas Mesin Diesel, Ada Kijang Kapsul Rp 50 Jutaan

toyota rushArif Nugrahadi toyota rush

Misalnya untuk Toyota Rush, diler Toyota di Jakarta Pusat mau memberi potongan harga Rp 8 juta. Jika dirasa potongannya masih sedikit, masih bisa dilakukan negosiasi untuk mendapatkan diskon yang lebih besar.

Kemudian untuk kembarannya yakni Daihatsu Terios, besarnya potongan harga dari diler yang bisa diberikan sekitar Rp 8 juta sampai Rp 10 juta. Besarnya diskon juga kembali dari hasil negosiasi calon pembeli dengan sales.

Selanjutnya ada SUV murah dari merek Honda, yaitu BR-V. Setelah menerima relaksasi PPnBM, pembeli juga bisa mendapatkan diskon mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 8 juta, namun stoknya sangat terbatas.

Baca juga: Catat, Ini Jenis Pelanggaran Lalu Lintas yang Bisa Bikin SIM Dicabut

“Unitnya langka banget, dari produksinya memang belum ada yang masuk,” ucap sales Honda dearah Jakarta Utara.

Sedangkan untuk LSUV dari Mitsubishi, yakni Xpander Cross bisa mendapatkan potongan sampai Rp 11 juta. Diskonnya memang lebih besar daripada model Xpander biasa, namun hal ini juga dikarenakan harga Xpander Cross lebih tinggi juga.

Ilustrasi Mitsubishi Xpander CrossDOK. MMKSI Ilustrasi Mitsubishi Xpander Cross

Terakhir ada Suzuki XL7 yang memberikan penawaran yang menarik. Untuk potongan harga dari diler, untuk varian tertinggi bisa sampai Rp 14 juta, sedangkan tipe di bawahnya mulai Rp 16 juta sampai Rp 18 juta.

“Unitnya juga lagi susah, apalagi untuk yang transmisi otomatis. Diskonnya mulai Rp 14 jutaan,” ucap sales Suzuki di daerah Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com