Kompas.com - 08/06/2021, 11:22 WIB
ilustrasi bersihkan kaca mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniilustrasi bersihkan kaca mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan penggunaan, berbagai komponen pada kendaraan dapat mengalami penyusutan hingga pada akhirnya tidak bisa lagi beroperasi secara optimal.

Salah satunya ialah kaca mobil. Hal tersebut dapat ditandai dari mulainya timbul jamur yang bisa mengganggu penglihatan ketika berkemudi.

Lantas bagaimana cara mengenal atau tanda-tanda bahwa kaca mobil sudah mulai berjamur?

Menanggapi hal ini Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara menyebut tandanya bisa dilihat secara visual.

Baca juga: Jangan Ketipu, Kenali Ciri-ciri Mobil Bekas Pernah Turun Mesin

Ilustrasi kaca mobil kusamsoloraya.com Ilustrasi kaca mobil kusam

"Jamur kaca timbul akibat sisa air yang dibiarkan mengering karena panas atau dibiarkan begitu saja," katanya di keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Contohnya saat cuci mobil, air bekas bilasan yang tidak tersapu oleh lap dan berdiam di permukaan kaca bisa mengering karena panas. Termasuk saat sehabis hujan," lanjut dia.

Berikut cara mudah mengetahui tanda-tanda kaca mobil berjamur:

1. Cek Dari Luar

Untuk mengetahui apakah jamur telah hinggap di kaca atau tidak, Anda bisa melakukan pencucian mobil seperti biasa. Sabuni, bilas dan lap hingga kering sempurna.

Atau jika tidak ingin repot bawalah mobil ke tempat pencucian alias car wash. Setelah mobil sudah bersih pada semua bagiannya, cek dan perhatikan bagian kaca.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X