Penjelasan Quartararo Penyebab Wearpack Terbuka hingga Lepas Pelindung

Kompas.com - 07/06/2021, 09:42 WIB
Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). MOTOGPRider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penampilan Fabio Quartararo pada MotoGP Catalunya 2021 tergolong kontroversial meskipun performanya luar biasa. Pebalap Yamaha ini membalap dengan wearpack terbuka menjelang akhir balapan.

Tak hanya itu, Quartararo juga sempat melepas pelindung dada yang dikenakannya pada lap-lap akhir.

Diduga memang sejak awal ritsleting baju wearpack Quartararo tidak tertutup dengan benar. Sehingga, seiring berjalannya waktu, dengan angin kencang yang menerpa, ritsleting menjadi semakin turun.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021, Quartararo Masih Teratas

Sehingga, pelindung dada yang dikenakannya juga menjadi bergeser. Pelindung dada ini memang cara mengenakannya hanya diselipkan ke dalam wearpack.

Quartararo mengatakan tidak perlu membicarakannya lagi. Semuanya sudah cukup dan balapan juga sudah berakhir.

Fabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Catalunya 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Fabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Catalunya 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tidak tahu apa yang terjadi. Dengan sisa lima lap, wearpack benar-benar terbuka dan ritsleting tidak bisa ditarik ke atas. Tidak mudah untuk balapan seperti itu, tapi itu terjadi. Saya tidak bisa bicara lebih detail, karena saya tidak tahu lagi," ujar Quartararo, dikutip dari Speedweek.com, Senin (7/6/2021).

Quartararo menambahkan, dirinya merasa ditarik ke belakang saat melaju lebih dari 300 km per jam di trek lurus. Namun, dia mengaku tidak mau memikirkan hal tersebut dan mencoba untuk meraih podium, meskipun tetap gagal melakukannya karena mendapat penalti.

Baca juga: Kronologi Baju Balap Quartararo Terbuka Hingga Gagal Podium

Fabio Quartararo di Sirkuit PortimaoTWITTER/@FABIOQ20 Fabio Quartararo di Sirkuit Portimao

Namun, belum jelas mengapa pebalap asal Perancis ini tidak dikenakan bendera hitam alias diskualifikasi karena sudah melepas pelindung dadanya.

Sebab, dia jelas melanggar aturan yang menyatakan bahwa setiap pebalap harus membalap dengan pelindung dada pada tempatnya dan semua perlengkapan keamanan harus dikenakan, dikencangkan dengan benar, setiap saat pada aktivitas di trek.

Tak sedikit yang mempertanyakan sikap Race Direction. Banyak juga yang menilai bahwa Quartararo perlu didiskualifikasi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.