Motor Sport Masuk Usia 5 Tahun, Siap-siap Ganti Komponen Berikut

Kompas.com - 04/06/2021, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor jenis sport banyak dipilih karena tampilan dan performanya. Agar performanya tetap terjaga meski sudah bertahun-tahun, ada beberapa komponen yang perlu diganti sesuai dengan usia pakai.

Saat motor sport sudah memasuki usia lima tahun, biasanya ada saja beberapa komponen yang sudah mulai melemah fungsinya. Biasanya, kondisi tersebut dapat dirasakan dari perubahan performanya.

Wahyudin, Kepala Bengkel PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, untuk motor sport berusia lima tahun, biasanya suku cadang yang diganti lebih kepada komponen di area mesin.

Baca juga: Cek Harga Motor Sport 150 cc Full Fairing Juni 2021 Setelah Lebaran

"Biasanya, komponen yang diganti, seperti piston kit, valve kit, rantai mesin, crankshaft, dan bearing big end, seal pada mesin, o-ring pada penutup oli, serta gasket atau paking," ujar Wahyudin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Yamaha R15 rival Honda CBR 150Otomania/Setyo Adi Yamaha R15 rival Honda CBR 150

Wahyudin menambahkan, bagian suspensi juga seharusnya dilakukan pengecekan, khususnya pada bagian seal-nya. Jika diabaikan dan terjadi kebocoran, dampaknya bisa fatal.

"Seal yang menggunakan material karet umumnya sudah getas saat mencapai usia lima tahun. Apalagi, seal sokbreker depan yang bisa dibilang terus bekerja saat motor melaju," kata Wahyudin.

Baca juga: Deretan Motor Sport Bekas 250 cc, Ninja 250 Mulai Rp 20 Jutaan, Scorpio Rp 14 Jutaan

Selain itu, Wahyudin menambahkan, khusus untuk motor sport, komponen seperti kampas kopling juga perlu dilakukan pergantian. Lalu, rantai roda satu set dengan gir depan dan gir belakang juga perlu untuk diganti.

Terkait harga, untuk motor sport bisa berbeda-beda. Tergantung dari merek, tipe, dan kapasitas mesin motor sport tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.