Mengapa Interval Servis Pertama Mobil Baru pada 1.000 Km Pertama

Kompas.com - 04/06/2021, 09:02 WIB
Toyota C-HR Hybrid lagi servis di bengkel resmi Auto2000 di Banyuwangi.                               ToyotaToyota C-HR Hybrid lagi servis di bengkel resmi Auto2000 di Banyuwangi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membeli mobil baru, konsumen akan mendapatkan pelayanan berupa perawatan gratis untuk pertama kali.

Biasanya, servis yang dilakukan perdana ini lebih cepat yakni hanya 1.000 kilometer saja.

Bukan tanpa alasan, ada berbagai pertimbangan di balik penerapan standar perawatan kendaraan tersebut.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, hal ini dilakukan karena mobil yang digunakan adalah mobil baru yang turun dari pabrikan, sehingga saat digunakan pada jarak tertentu perlu dilakukan pengecekan berbagai komponenya.

Baca juga: Prokes Mulai Kendur, Ingat Cara Aman Berkendara di Tengah Pandemi

Tujuannya adalah untuk memastikan, bahwa komponen mobil tersebut berjalan dengan sebagaimana mestinya dan tidak terjadi kendala yang berarti.

“Pada dasarnya untuk pengecekkan, apakah ada malfungsi atau kelainan termasuk mesin, rem dan komponen lainnya,” ucap didi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Dalam perawatan pertama kali ini, Didi menjelaskan, tidak perlu dilakukan penggantian oli mesin. Melainkan hanya mengecek kondisi mobil setelah dikendarai sejauh 1.000 kilometer.

“Tidak perlu ganti oli, hanya pemeriksaan saja. Seandainya ada komponen yang tidak bekerja sebagaimana mestinya atau malfungsi bisa ditangani lebih cepat,” kata dia.

Baca juga: Motor Tabrak Mobil dari Belakang, Ingat Antisipasi dan Pandangan Mata

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menambahkan, servis pertama itu wajib dilakukan dan sebaiknya tidak dilewatkan oleh pemilik kendaraan. Pasalnya, ini juga menjadi syarat dari garansi yang diberlakukan.

“Tidak boleh terlewat, karena ini pertama syarat warranty, kemudian kedua pengecekan komponen dan fungsi. Jadi harus dilakukan dan tetap harus diservis, meski belum ada proses penggantian suku cadang yang sifatnya rutin,” kata Suparna.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan lewatkan servis pertama untuk mobil yang baru saja dibeli. Bahkan, jika ada komponen yang tidak berfungsi maksimal, bisa terdeteksi sejak dini, sebelum merembet menjadi lebih parah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X