Kompas.com - 03/06/2021, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu yang menyebabkan adanya suara ngelitik atau dikenal knocing pada mesin mobil karena adanya kerak pada ruang mesin.

Kotoran di dalam ruang bakar ini bisa disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang nilai oktannya tidak sesuai dengan yang direkomendasikan. Sehingga, ruang bakar menjadi kotor, lama-kelamaan akan menimbulkan kerak.

Baca juga: SH150i Setop Dijual, Honda Jamin Suku Cadang 7 Tahun

Hal ini tentu membuat pengemudi tidak nyaman saat mengendarai mobilnya, apalagi saat mobil berakselerasi suara akan semakin terdengar jelas.

Jika belum parah, mesin yang ngelitik memang tidak akan berdampak banyak pada kondisi mesin. Tapi, bukan berarti kondisi ini bisa disepelekan oleh pemilik kendaraan.

Sebab, jika didiamkan perfoma mobil kesayangan bisa saja menurun hingga komponen mobil mengalami kerusakan yang lebih parah.

Ilustrasi overhaul mesin mobilwww.easternrangesmotors.com.au Ilustrasi overhaul mesin mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, suara ngelitik yang disebabkan karena kerak di ruang mesin bisa diatasi dengan mudah.

“Sesekali mobil digeber dalam kecepatan dan jarak tertentu, yang penting jangan sampai melebihi batas redline pada pandel RPM atau tachometer,” ucap Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ganjil Genap Bertahap Bisa Diterapkan, Tapi Ada Syaratnya

Sementara itu, untuk posisi gigi yang digunakan saat menggeber mobil disesuaikan dengan keinginan pengemudi. Didi menambahkan, tidak ada aturan baku pada gigi berapa mobil harus digeber untuk merontokkan kerak mesin.

“Kalau belum parah, kerak pada ruang bakar bisa rontok dengan menggebernya. Tapi kalau sudah parah atau banyak bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan bahan chemical untuk membersihkan ruang bakar,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.