Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Bersihkan Kerak di Ruang Mesin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu yang menyebabkan adanya suara ngelitik atau dikenal knocing pada mesin mobil karena adanya kerak pada ruang mesin.

Kotoran di dalam ruang bakar ini bisa disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang nilai oktannya tidak sesuai dengan yang direkomendasikan. Sehingga, ruang bakar menjadi kotor, lama-kelamaan akan menimbulkan kerak.

Hal ini tentu membuat pengemudi tidak nyaman saat mengendarai mobilnya, apalagi saat mobil berakselerasi suara akan semakin terdengar jelas.

Jika belum parah, mesin yang ngelitik memang tidak akan berdampak banyak pada kondisi mesin. Tapi, bukan berarti kondisi ini bisa disepelekan oleh pemilik kendaraan.

Sebab, jika didiamkan perfoma mobil kesayangan bisa saja menurun hingga komponen mobil mengalami kerusakan yang lebih parah.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, suara ngelitik yang disebabkan karena kerak di ruang mesin bisa diatasi dengan mudah.

“Sesekali mobil digeber dalam kecepatan dan jarak tertentu, yang penting jangan sampai melebihi batas redline pada pandel RPM atau tachometer,” ucap Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara itu, untuk posisi gigi yang digunakan saat menggeber mobil disesuaikan dengan keinginan pengemudi. Didi menambahkan, tidak ada aturan baku pada gigi berapa mobil harus digeber untuk merontokkan kerak mesin.

“Kalau belum parah, kerak pada ruang bakar bisa rontok dengan menggebernya. Tapi kalau sudah parah atau banyak bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan bahan chemical untuk membersihkan ruang bakar,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/03/180100715/cara-mudah-bersihkan-kerak-di-ruang-mesin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke