Dupasquier Tewas, Rossi Sebut Harusnya Balapan GP Italia Ditunda

Kompas.com - 31/05/2021, 15:01 WIB
Valentino Rossi saat balapan pada MotoGP Prancis 2021. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP) JEAN-FRANCOIS MONIERValentino Rossi saat balapan pada MotoGP Prancis 2021. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari pebalap Moto3 Jason Dupasquier, yang meninggal setelah terlibat kecelakaan fatal pada sesi kualifikasi Moto3, Sabtu (29/5/2021).

Hal itu tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh rider.

Para pebalap pun mengheningkan cipta selama satu menit untuk memberikan penghormatan kepada Dupasquier sebelum balapan.

Kejadian tersebut membuat pebalap kawakan Valentino Rossi bingung menghadapi balapan MotoGP Italia 2021, ia bahkan mempertanyakan keputusan untuk tetap melanjutkan balapan.

Baca juga: Pebalap Moto3 Tewas Setelah Kecelakaan Tragis di Sirkuit Mugello

"Hari ini sangat sulit. Setelah yang terjadi pada Jason kemarin, mengapa kita tetap balapan? Semuanya kehilangan akal. Tetapi saya juga berpikir tak masuk akal untuk tidak balapan hari ini," ujar Rossi dikutip dari Speedweek, Senin (31/5/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP (@motogp)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sayangnya, apa yang kita lakukan hari ini tidak akan mengubah apa yang terjadi pada Jason kemarin. Kita bisa berbicara soal apakah harus balapan atau tidak, tetapi itu tak mengubah situasi," lanjutnya.

Setelah mendengar kabar kecelakaan tersebut, Rossi sempat mendoakan Dupasquier agar baik-baik saja. Ia juga mengatakan, bahwa pekerjaan sebagai pebalap memang penuh risiko dan harus di jalani secara saksama.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021 Usai GP Italia, Quartararo Tetap di Puncak

"Saya baru tahu semalam situasi Jason begitu buruk. Tetapi ketika memahami semuanya sudah berakhir, itu lain cerita. Pembalap harus berkonsentrasi ketika sudah berada di atas motor, jika tidak maka berbahaya," kata Rossi.

“Ini menyakitkan dan sulit bagi semua orang, tetapi apa yang bisa dilakukan?" sambungnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X