Kompas.com - 31/05/2021, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha mulai bereksperimen juga dengan alat bantu start. Kali ini, terlihat pebalapnya mulai menggunakan alat bantu start depan atau front start device.

Sebelumnya, Yamaha juga sudah ikutan menggunakan alat bantu start belakang atau holeshot device. Tak lama kemudian, alat tersebut dipakai juga saat di tikungan.

Front start device ini prinsip kerjanya sama saja dengan holeshot device. Tapi, alatnya diletakkan pada suspensi depan. Persis seperti yang digunakan pada motocross.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021 Usai GP Italia, Quartararo Tetap di Puncak

Tujuannnya juga sama, mencegah ban depan terangkat saat motor berakselerasi.

"Saya sangat senang, sangat senang karena sejak Qatar pertama setiap saat saya membuat hasil yang luar biasa atau pole position, saya mendorong teknisi Jepang bahwa ini paling penting," ujar Quartararo, dikutip dari Motorsport.com, Senin (31/5/2021).

Yamaha pakai alat bantu start depan atau Front Start DeviceDok. MotoGP Yamaha pakai alat bantu start depan atau Front Start Device

Quartararo menambahkan, sekarang dirinya tidak mempunyai alasan lagi untuk tampil buruk. Sebab, alat tersebut sudah bisa digunakan.

"Tentu saja, kami harus mengembangkannya, karena ini pengetesan pertama kami, tapi kami sudah melihat peningkatan besar. Jadi, saya super senang, sepertinya kami bisa membuat hal yang lebih baik," kata Quartararo.

Baca juga: Hasil MotoGP Italia - Quartararo Sempurna, Ducati Merana

Di antara semua pabrikan di MotoGP, Aprilia yang duluan mengandalkan front start device. Sekarang, Yamaha, Ducati, KTM, dan Honda, juga mulai ikut menggunakannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.