Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Beli Helm secara Online agar Tidak Salah Ukuran

Kompas.com - 31/05/2021, 10:22 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perlengkapan penting yang diperlukan dalam berkendara yakni menggunakan helm. Dengan menggunakan helm maka benturan di kepala saat terjadi kecelakaan dapat diredam oleh helm sehingga tidak menimbulkan luka parah.

Banyak penjual helm di Indonesia dijajakan di toko-toko helm ataupun toko yang menyediakan aksesori berkendara. Namun, membeli secara online menjadi pilihan sebagian orang dengan alasan yang lebih praktis.

Baca juga: Bahaya Menggunakan Lampu Hazard pada Saat Hujan

Akan tetapi, ada sebuah kendala yang ditemui jika membeli helm di secara online, yakni ukuran helm. Ukuran helm yang tidak pas juga akan memengaruhi kenyamanan dalam penggunaannya bahkan dapat mengakibatakan bahaya.

Pegiat dari Komunitas Belajar Helm, Ahmad M, mengatakan, ukuran helm yang pas yakni yang tidak sempit dan tidak longgar. Ukuran helm yang tidak pas akan mengakibatkan bahaya bagi penggunanya.

Helm CarglossHelm Cargloss Helm Cargloss

"Kalau helm kesempitan itu biasanya bikin kepala pusing, jadi bisa mengurangi fokus ketika berkendara. Kalau kelonggaran juga berbahaya ketika terjadi kecelakaan dan terbentur, helm bisa lepas dari kepala," kata Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (30/5/2021)

Ahmad mengatakan, masih banyak orang yang salah dalam mengukur helm karena tidak dapat melakukan fitting. Untuk sekarang, sudah banyak toko yang memperbolehkan untuk fitting sehingga ukuran helm akan sesuai dengan kondisi kepala kita.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Italia 2021, Quartararo Pole Position, Rossi Masih Terpuruk

Lantas, bagaimana yang membeli secara online?

"Biasanya kalau beli online orang itu sudah tahu dulu incarannya, udah tahu ukurannya, baru dia pesen helmnya. Jadi biasanya minjem temenya terlebih dahulu untuk mengetahui ukurannya atau meminta rekomendasi dari yang sudah punya," ucap Ahmad.

Promo Helm Full Face di IMOS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Promo Helm Full Face di IMOS 2018

Sebelum membeli helm secara online, pastikan dulu untuk memilih merek dan modelnya. Setelah menentukan merek, tentukan ukurannya. Biasanya ukuran helm setiap merek juga akan berbeda-beda.

Baca juga: Nyicil Beli Ban Mobil, Dahulukan buat Ban Belakang

"Kalau masih ragu mengenai ukuran helm, ukur lingkar kepala saja. Jadi diukur lingkar kepala melingkar dari dahi ketemu dahi, habis itu bisa cari size chart helm di internet untuk memastikan ukuran," kata Ahmad.

Untuk itu, disarankan untuk melihat size chart ukuran helm dengan merek yang diinginkan atau yang akan dibeli dan jangan sampai salah ukuran pembelian. Apabila masih ragu dengan ukuran helm, bisa memilih toko helm online yang dapat ditukarkan jika ukuran tidak sesuai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com