Cara Beli Helm secara Online agar Tidak Salah Ukuran

Kompas.com - 31/05/2021, 10:22 WIB
Pemilihan ukuran helm harus ideal dengan bentuk kepala masing-masing biker. Agung KurniawanPemilihan ukuran helm harus ideal dengan bentuk kepala masing-masing biker.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perlengkapan penting yang diperlukan dalam berkendara yakni menggunakan helm. Dengan menggunakan helm maka benturan di kepala saat terjadi kecelakaan dapat diredam oleh helm sehingga tidak menimbulkan luka parah.

Banyak penjual helm di Indonesia dijajakan di toko-toko helm ataupun toko yang menyediakan aksesori berkendara. Namun, membeli secara online menjadi pilihan sebagian orang dengan alasan yang lebih praktis.

Baca juga: Bahaya Menggunakan Lampu Hazard pada Saat Hujan

Akan tetapi, ada sebuah kendala yang ditemui jika membeli helm di secara online, yakni ukuran helm. Ukuran helm yang tidak pas juga akan memengaruhi kenyamanan dalam penggunaannya bahkan dapat mengakibatakan bahaya.

Pegiat dari Komunitas Belajar Helm, Ahmad M, mengatakan, ukuran helm yang pas yakni yang tidak sempit dan tidak longgar. Ukuran helm yang tidak pas akan mengakibatkan bahaya bagi penggunanya.

Helm CarglossHelm Cargloss Helm Cargloss

"Kalau helm kesempitan itu biasanya bikin kepala pusing, jadi bisa mengurangi fokus ketika berkendara. Kalau kelonggaran juga berbahaya ketika terjadi kecelakaan dan terbentur, helm bisa lepas dari kepala," kata Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (30/5/2021)

Ahmad mengatakan, masih banyak orang yang salah dalam mengukur helm karena tidak dapat melakukan fitting. Untuk sekarang, sudah banyak toko yang memperbolehkan untuk fitting sehingga ukuran helm akan sesuai dengan kondisi kepala kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Italia 2021, Quartararo Pole Position, Rossi Masih Terpuruk

Lantas, bagaimana yang membeli secara online?

"Biasanya kalau beli online orang itu sudah tahu dulu incarannya, udah tahu ukurannya, baru dia pesen helmnya. Jadi biasanya minjem temenya terlebih dahulu untuk mengetahui ukurannya atau meminta rekomendasi dari yang sudah punya," ucap Ahmad.

Promo Helm Full Face di IMOS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Promo Helm Full Face di IMOS 2018

Sebelum membeli helm secara online, pastikan dulu untuk memilih merek dan modelnya. Setelah menentukan merek, tentukan ukurannya. Biasanya ukuran helm setiap merek juga akan berbeda-beda.

Baca juga: Nyicil Beli Ban Mobil, Dahulukan buat Ban Belakang

"Kalau masih ragu mengenai ukuran helm, ukur lingkar kepala saja. Jadi diukur lingkar kepala melingkar dari dahi ketemu dahi, habis itu bisa cari size chart helm di internet untuk memastikan ukuran," kata Ahmad.

Untuk itu, disarankan untuk melihat size chart ukuran helm dengan merek yang diinginkan atau yang akan dibeli dan jangan sampai salah ukuran pembelian. Apabila masih ragu dengan ukuran helm, bisa memilih toko helm online yang dapat ditukarkan jika ukuran tidak sesuai.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.