Insentif Pemerintah Kerek Produksi dan Penjualan Mobil Tahun Ini

Kompas.com - 25/05/2021, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dampak dari kebijakan pemerintah yang memberikan stimulus berupa diskon PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) telah meningkatkan produksi dan penjualan mobil.

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, mengatakan, pada Maret 2021 terjadi peningkatan dari sisi produksi, meski ada penurunan sedikit pada bulan berikutnya.

Sementara penjualan secara retail (dari diler ke konsumen) mengalami kenaikan pada Maret 2021 dan terus terjaga sampai April.

Baca juga: Penyekatan Arus Balik Diperpanjang sampai 31 Mei 2021

Menteri Keuangan Sri Mulyani di GIIAS 2019KOMPAS.com/Ruly Menteri Keuangan Sri Mulyani di GIIAS 2019

"Produksi kendaraan di 90.600 (unit), penjualan retail di 79.500 (unit)," ucap Sri Mulyani dalam Konferensi Pers: APBN KITA Edisi Mei 2021, yang ditayangkan Youtube Kemenkeu RI, Selasa (25/5/2021).

Sri Mulyani juga mengatakan, produksi dan penjualan mobil naik 2-3 kali lipat dibanding tahun lalu. Tercatat produksi kendaraan melonjak sangat tinggi hingga 322,8 persen.

"Lebih dari tiga kali lipat produksinya naik pada April ini. Sedangkan penjualan retail-nya dari sisi growth 227,56 persen,” ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Marak Kecelakaan di Gerbang Tol, Ini Kata Jasa Marga

Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

“Ini year on year, berarti dibandingkan periode April tahun lalu yang memang decline atau menurun sangat tajam akibat COVID dan terjadinya PSBB yang sangat ketat tahun lalu,” kata dia.

Sementara itu, tren penjualan mobil pada April 2021 juga masih lebih tinggi dibandingkan Maret sebelumnya. Hal ini terjadi salah satunya karena animo masyarakat terkait diskon PPnBM.

Adapun untuk penjualan kendaraan niaga juga mengalami pertumbuhan pada tahun ini. Sri Mulyani menambahkan, penjualan kendaraan niaga naik 9 kali lipat atau 913,6 persen dibandingkan periode April tahun lalu.

"Ini menggambarkan bahwa degup ekonomi sedang kencang dan mulai muncul kegiatan yang sangat signifikan, berbeda dibandingkan tahun lalu yang memang menurun atau semuanya terhenti," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.