Penyekatan Arus Balik Diperpanjang, Berikut 14 Pos di Jabodetabek

Kompas.com - 25/05/2021, 17:44 WIB
Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya memperpanjang operasi penyekatan arus balik di beberapa titik yang bersinggungan dengan wilayah Jabodetabek hingga 31 Mei 2021.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam upaya mengantisipasi lonjakkan kasus Covid-19 usai libur Idul Fitri 1442 H.

"Hingga saat ini, belum ada perintah untuk menghentikan kegiatan penyekatan. Pokoknya kami siap untuk terus menjaga agar seluruh masyarakat tetap sehat," kata dia dalam keterangannya, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Konsumsi Mulai Tumbuh, Penjualan dan Produksi Mobil Naik Signifikan

Polisi memgecek dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021Dok. PT Jasamarga Polisi memgecek dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021

Adapun operasi penyekatan ini dilakukan di 14 titik. Petugas akan memeriksa surat bebas Covid-19 kepada tiap kendaraan bermotor atau pemudik yang melintas.

Bagi mereka yang tak membawa akan langsung dilakukan tes swap antigen gratis di pos-pos yang telah disediakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kesempatan sama, Fadil menyebut sudah ada 476 pemudik yang terindikasi Covid-19 saat hendak balik ke DKI Jakarta setelah melakukan aktivitas mobilitas ke luar kota.

Mereka langsung dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran maupun fasilitas kesehatan lain yang disediakan pemerintah guna penanganan lebih lanjut.

“75 pemudik yang dirujuk ke rumah sakit Wisma Atlet, sisanya adalah isolasi di Pemda masing-masing. Ada hotel yang disiapkan yang khususnya bagi mereka yang bergejala ringan,” kata dia.

Baca juga: Kebiasaan yang Bikin Aki Tekor Saat Cas Ponsel di Motor

warga yang terjaring razia di pos penyekatan di tes swab antigen secara acak.KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA KUSUMANINGRUM warga yang terjaring razia di pos penyekatan di tes swab antigen secara acak.

Berikut lokasi pos pemeriksaan surat bebas covid-19 dan layanan tes antigen tersebut:

1. Area parkir KM 34B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta.
2. Terminal Kalideres.
3. Terminal Pulogebang.
4. Terminal Tanjung Priok.
5. Terminal Kampung Rambutan.
6. Kebon Nanas, Kota Tangerang.
7. Jatiuwung, Kota Tangerang.
8. Kantor Dishub Batuceper, Kota Tangerang.
9. Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi.
10. Pos Sasak Jarang, Kota Bekasi.
11. Pos Tomyang, Kota Bekasi.
12. Jalan Raya Parung, Ciputat, Bojongsari, Depok.
13. Jalan Raya Bogor di SPBU Cilangkap.
14. Jalan Gatot Subroto, Bitung, Tangerang Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.