Jangan Sembarangan, Lepas Pasang Aki Mobil Ada Aturannya

Kompas.com - 23/05/2021, 11:21 WIB
Ilustrasi perawatan aki pada mobil personal.neacelukens.comIlustrasi perawatan aki pada mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hendak melakukan penggantian aki, tidak sedikit pemilik mobil yang melakukannya sendiri di rumah. Sebab, hal itu dinilai mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi, ada catatan tersendiri jika Anda ingin melakukan penggantian komponen penyimpanan energi listrik tersebut. Terutama saat melepas dan memasang kabel pada kedua kutub aki, yakni negatif dan positif.

Ketika melepas dan memasang aki, tidak boleh sembarang mencopot kabelnya saja. Tetapi, tahapannya juga harus benar, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting atau permasalahan lainnya.

Baca juga: Cek Harga Toyota Avanza Bekas Tahun Tua di Akhir Mei 2021

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, saat mencopot aki dahulukan untuk melepas kabel yang ada di pole kutub negatif. Setelah itu baru melepas kabel di pole kutub positif.

“Sedangkan saat akan memasang, tahapan yang dilakukan berbalik, yakni pasang dulu kabel di pole positif, baru dilanjutkan dengan memasang kabel di pole negatif,” ujar Didi kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Aki Mobil HellaAditya Maulana - Otomania Aki Mobil Hella

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Didi menjelaskan, hal tersebut guna menghindari terjadinya korsleting listrik saat melakukan pemasangan. Sebab, jika melakukan pemasangan kabel aki didahulukan yang negatif, kemungkinan terjadinya korsleting listrik sangat besar.

“Maka dari itu, saat melakukan pelepasan maupun pemasangan harus diperhatikan benar tahapannya,” kata dia.

Baca juga: Uji Coba Road Bike, Lalu Lintas di JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang Direkayasa

Didi juga mengatakan, pada saat dipasang aki baru dan pemilik mobil merasakan getaran saat menghidupkan mesin, adalah hal yang wajar.

“Untuk menghilangkannya cukup dijalankan saja mobilnya sampai learing sendiri,” ucap Didi.

Terakhir Didi mengingatkan, saat melakukan penggantian aki sendiri di rumah baiknya pemilik mobil juga tidak lupa memperhatikan ukuran aki. Mulai dari voltase, ampere hingga dimensinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.