Ketahui Interval Ganti Oli Gardan Motor Matik

Kompas.com - 20/05/2021, 10:12 WIB
Oli gardan pada skutik. KompasOtomotif-Donny AprilianandaOli gardan pada skutik.

SOLO, KOMPAS.com - Pada motor matik, terdapat dua jenis pelumas atau oli, yakni oli mesin dan oli gardan atau oli transmisi. Keduanya memiliki fungsi masing masing, dan waktu ganti berkala.

Fungsi dari oli gardan sendiri yakni melumasi bagian transmisi pada motor matik. Oli gardan bekerja dengan cara melumasi gir rasio agar bekerja lebih lancar agar tidak terjadi gesekan langsung antar komponen.

Baca juga: Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mobil Matik Jalan Menanjak

Tidak sedikit pengguna motor matik yang masih menganggap enteng oli gardan. Biasanya mereka hanya menggati oli mesin tanpa tahu waktu yang tepat untuk ganti oli gardan.

Oli gardan yang sudah terkontaminasi air, warna berubah menjadi seperti kopi susu.KompasOtomotif-donny apriliananda Oli gardan yang sudah terkontaminasi air, warna berubah menjadi seperti kopi susu.

Yogi Pratomo, salah satu mekanik bengkel AHASS di Solo, Jawa Tengah mengatakan, penggantian oli gardan lebih baik dilakukan setiap delapan ribu kilometer atau paling tidak tiga sampai empat bulan sekali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mau Bikin Baru atau Perpanjangan SIM Usai Lebaran, Ini Tarif Resminya

"Oli mesin harus diganti setiap 2 ribu kilo meter, kemudian untuk oli gardan setiap 8 ribu kilo meter," kata Yogi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Oli gardan yang dibiarkan cukup lama tanpa diganti maka tingkat kekentalannya akan menurun dan semakin kotor. Jika kekentalan berkurang maka gesekan antar gir pada sistem transmisi motor matik tidak akan bekerja maksimal.

Ilustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutikOtomania/Setyo Adi Ilustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutik

Cirinya, akan terdengar suara berisik pada box CVT motor matik. Jika sudah terdengar bunyi, itu tandanya pelumasan sudah tidak masksimal. Akan perlu biaya banyak jika sampai mengganti komponen gir rasio pada transmisi matik.

Baca juga: Ini Perbedaan Sanksi Pengendara Tidak Membawa SIM dan Tak Memiliki SIM

Untuk itu, Yogi menyarankan pengguna motor matik untuk tetap memperhatikan waktu ideal ganti oli gardan. Biasanya jika melakukan servis ke diler resmi maka akan dilakukan pengecekan dan diberikan saran jika sudah waktunya ganti oli gardan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.