Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Elders Garage Rilis Konversi Kit Vespa Jadul Jadi Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat tren motor listrik akan menggeliat. Pemerintah juga sudah mengeluarkan aturan yang membolehkan konversi motor konvensional ke listrik.

Eldres Garage menangkap momen tersebut. Workshop asal Jakarta itu kini melansir Elettrico Kit yaitu konversi kit untuk Vespa 2-tak jika ingin mengubah jadi Vespa berdaya listrik.

Salah satu Vespa listrik hasil konversi tersebut ialah Vespa Sprint 1967 yang ditampilkan di ajang Indonesia International Motor Show Hybrid 2021 lalu.

Heret Frasthio dari Elders Garage mengatakan, dengan adanya Elettrico Kit akan memudahkan pemilik Vespa tua mengubah motornya tanpa kehilangan esensi motor asli.

"Sebenarnya kita lihat di Eropa sudah ada brand yang jual itu, dan di Eropa harganya cukup mahal sebab customer kita juga sempat ada yang beli sampai Rp 60 juta," kata Heret yang dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Heret mengatakan konversi kit ini tinggal pasang alias plug and play. Ada beberapa spesifikasi yang ditawarkan, harganya berkisar dari Rp 17 juta - Rp 25 jutaan.

"Untuk sekarang yang paling mahal itu masih di baterai. Spesifikasi (konversi kit) kita yang paling tinggi Rp 25 juta dengan baterai Tesla. Itu kita rakit sendiri," kata Heret.

"Banyak orang dapatkan (baterai) seperti brand motor China mereka punya baterai sendiri. Kalau kita pakai lithium. (Baterai) brand Tesla ini kita perkirakan bisa dipakai sampai enam tahun," katanya.

Saat ini konversi kit yang ditawarkan masih untuk jenis Vespa besar semisal Sprint, Super, VBB, Excel dan PX. Tapi ke depan akan dikembangkan juga untuk jenis rangka kecil.

"Vespa tua untuk Sprint, VBB, jenis large frame sudah pasti bisa. Sedangkan yang small frame seperti PTS sebetulnya kita tinggal produksi dan bisa," katanya.

Spesifikasi:

Kit Elettrico type 1
Battery: Panasonic Tesla Model 3 ncr21700 (72v 24ah)
Motor: Qs v1 3kw Disc Brake
Controller: YYK 80a with Bluetooth Smartphone Connection
Maximum Speed 75 – 80 km/h
Maximum Range 60 – 75 km on Eco Mode
Charging Time 5h

Kit Elettrico type 2
Battery: Panasonic Tesla Model 3 ncr21700 (60v 24ah)
Motor: Qs v1 2kw Disc Brake
Controller: YYK 50a with Bluetooth Modul
Maximum Speed 60 -65 km/h
Maximum Range 45 – 50 km on Eco Mode
Charging Time 8h

Kit Elettrico type 3
Battery: DGMC inr18650 (60v 15ah)
Motor: Qs v1 1kw Drum Brake
Controller: YYK 50a without Bluetooth Modul
Maximum Speed 50 – 55 km/h
Maximum Range 35 – 40 km on Eco Mode
Charging Time 8h

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/20/082200815/elders-garage-rilis-konversi-kit-vespa-jadul-jadi-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke