Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Beli Mobil Pintu Geser, Begini Cara Perawatannya

Kompas.com - 11/05/2021, 15:51 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluarga dengan pintu geser atau sliding door masih menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Indonesia karena terkesan unik serta mewah. Apalagi banyak yang harga di pasar mobil bekas masih cukup terjangkau.

Mobil dengan mekanisme tersebut memiliki kelebihan akses masuk ke kabin yang lebih mudah dan lapang, di samping kesan premium. Terlebih jika pintu sudah disematkan motor elektrik jadi buka-tutupnya otomatis.

Tetapi, memiliki mobil seperti ini perwatannya sedikit berbeda. Sebab, selayaknya komponen lain pada mobil, bagian pintu geser juga perlu mendapat perhatian dengan prawatan berkala.

Baca juga: Halau Pemudik Nekat Jelang Lebaran, Penyekatan Dibuat Berlapis-lapis

Power sliding door kini juga ada di sisi kanan untuk tipe Royale.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Power sliding door kini juga ada di sisi kanan untuk tipe Royale.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor menyatakan, perawatan pintu geser pada mobil tidak sulit. Hanya saja pemilik harus melakukannya dengan konsisten alias terus-menerus.

"Paling utama hindari buka-tutup pintu saat mesin mati. Karena, pada pintu geser yang menggunakan sistem elektrik, ketika mesin mati akan mengurangi aki," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Kemudian, jangan mempercepat gerakan pintu baik saat ditutup maupun dibuka. Biarkan saja sistem kerja elektrik berkerja agar sistem elektriknya tidak cepat rusak.

Perawatan lainnya bisa dilakukan dengan memastikan laher dalam kondisi baik. Jika laher sudah mengeluarkan suara, maka segera berikan pelumas agar lebih licin.

Baca juga: Saat Menyalakan Mesin Motor Injeksi Harus Nunggu Lampu Indikator Mati?

 

Ilustrasi pintu sliding door di mobilStanly/Otomania Ilustrasi pintu sliding door di mobil

Kemudian, bersihkan area rel pintu secara berkala sehingga tidak ada kotoran yang menyumbat pergeseran pintunya.

Setelah dibersihkan, olesi area rel dengan menggunakan pelumas pasta yang mengandung parafin.

"Ingat, jangan gunakan cairan yang mengandung oli, karena oli akan memudahkan debu dan kotoran untuk menempel," ucap Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com