Lebaran Layanan Uji Kir Libur, Buka Lagi 17 Mei 2021

Kompas.com - 11/05/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi uji KIR di wilayah Jawa Tengah yang menerapkan protokol kesehatan. jatengprov.go.idIlustrasi uji KIR di wilayah Jawa Tengah yang menerapkan protokol kesehatan.

JAKARTA, KOMPAS.com Uji kir kendaraan bermotor merupakan rangkaian kegiatan untuk menguji dan mengecek kelayakan kendaraan untuk bisa dioperasikan di jalanan.

Uji kir bersifat wajib untuk seluruh kendaraan niaga baik kendaraan berpenumpang umum maupun kendaraan pembawa barang. Sebut saja seperti bus, truk, dan mobil pikap.

Kabar terbaru datang dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang mengumumkan masa libur uji kir kendaraan bermotor di seluruh Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) di DKI Jakarta.

Baca juga: Halau Pemudik Nekat Jelang Lebaran, Penyekatan Dibuat Berlapis-lapis

Masa libur uji kir berlangsung pada 12-15 Mei 2021. Uji kir akan dibuka kembali pada Senin (17/5/2021).

Lantas bagaimana dengan kendaraan yang surat kir-nya sudah kedaluwarsa pada masa libur tersebut?

Fasilitas uji KIR Hino(Kompas.com/HAM) Fasilitas uji KIR Hino(Kompas.com/HAM)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk kendaraan yang habis masa uji nya pada tanggal 12-16 Mei 2021 tidak diberikan denda sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 61 tahun 2020," ungkap Aldi, salah satu customer service di UP PKB Cilincing saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Sambut Lebaran, Fortuner dan Pajero Sport Bekas Mulai Rp 200 Jutaan

Sementara itu, tidak ada strategi khusus untuk skenario membludaknya antrian uji kir saat dibuka kembali Senin 17 Mei 2021. Aldi mengatakan bahwa kuota harian akan selalu diterapkan untuk mengurangi potensi antrian yang memanjang.

"Untuk antrian sudah sesuai dengan jumlah kuota seperti hari biasa, 110 kendaraan per lajur uji. Untuk uji ulang 50 kendaraan per hari," kata Aldi menambahkan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.