Kompas.com - 11/05/2021, 16:21 WIB
Fuel pump motor gridoto.comFuel pump motor

JAKARTA, KOMPAS.comFuel pump adalah komponen penting yang ada di motor zaman sekarang. Fungsinya untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor agar bisa disemprotkan ke ruang bakar.

Fuel pump juga bertugas untuk menjaga tekanan bahan bakar yang nantinya akan disemprotkan. Namun seiring pemakaian motor, fuel pump bisa menurun performanya, lalu apa saja cirinya?

Gofur, Kepala Mekanik Astra Motor Centre Jakarta mengatakan, ada beberapa gejala yang muncul ketika fuel pump sudah berkurang performanya, mulai dari brebet dan mesin sering mati.

Baca juga: Gejolak Penjualan Mobil di April 2021, Berikut 10 Merek Terlaris

Isi bensin self serviceKOMPAS.com/Ruly Isi bensin self service

“Ketika motor jalan, sering brebet dan saat mesin idle (langsam), mesin kerap mati. Tapi gejala tersebut enggak selalu dari fuel pump, cuma salah satu penyebabnya karena fuel pump yang melemah,” kata Gofur kepada Kompas.com Selasa (11/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memastikan fuel pump yang mengalami penurunan performa, harus dilakukan pengecekan tekanan. Kalau misalnya tekanan dari fuel pump ada di bawah standar, berarti memang sudah lemah.

“Menjaga performa fuel pump hanya bisa dengan mengganti filter bahan bakar secara rutin. Pabrikan biasanya menyarankan filter bahan bakar diganti setiap 48.000 kilometer,” ucap Gofur.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Matik Mogok Tidak Boleh Didorong

Gofur mengatakan, ketika filter bahan bakar kotor, maka kerja pompa jadi tambah berat. Setidaknya dengan kerja yang lebih berat tadi, usia pakai fuel pump bisa berkurang.

Fuel pump memang tidak ada waktu khusus kapan harus diganti. Di buku pedoman juga hanya ada filter bahan bakar yang mesti diganti rutin,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.