Polisi Siapkan Tes Swab Antigen Gratis di Rest Area Km 19 Tol Japek

Kompas.com - 28/04/2021, 12:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain telah resminya larangan mudik Lebaran 2021, Satgas Penanganan Covid-19 juga merilis adendum atau lampiran tambahan yang berisi penambahan masa pengetatan arus mudik.

Masa pengetatan ini berlangsung sebelum dan sesudah diberlakukannya larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang.

Sebagai tindak lanjut dari adendum yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 tersebut, Polda Metro Jaya mendirikan pos guna tes swab antigen secara drive thru gratis untuk masyarakat.

Baca juga: Pasang Lampu Variasi pada Bus, Tidak Disarankan Karoseri

Fasilitas tes swab antigen secara drive thru ini didirikan di rest area. Tepatnya di Kilometer 19 Tol Jakarta-Cikampek. Pelayanan ini akan berlangsung pada 1-5 Mei 2021.

Ilustrasi tes swab antigen secara drive thru yang dilaksanakan Ditlantas Polda Metro JayaKorlantas Polri Ilustrasi tes swab antigen secara drive thru yang dilaksanakan Ditlantas Polda Metro Jaya

Kabar ini tentu semakin menegaskan bahwa perjalanan lintas kota atau provinsi masih dibolehkan sebelum 6 Mei 2021 asal mematuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Syarat tersebut antara lain mematuhi protokol kesehatan dan membawa kelengkapan surat berupa hasil negatif tes swab antigen.

Baca juga: Nunggu Mobil Baru Kelamaan, Konsumen Beralih Beli Mobil Bekas

Dilansir dari keterangan resminya pada Rabu (28/4/2021), Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, layanan gratis tes swab antigen ini memiliki kuota 100-200 tes dalam sehari.

Layanan gratis ini akan difokuskan untuk pelaku perjalanan yang tidak membawa surat keterangan hasil negatif tes swab antigen.

Jika kedapatan hasilnya reaktif atau positif Covid-19, baru akan diminta untuk putar balik dan segera melakukan isolasi mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.