Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Bus Jakarta – Aceh Mulai Rp 800.000, Berani Coba?

Kompas.com - 21/04/2021, 13:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu trayek bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) paling jauh yang ada di Indonesia adalah JakartaAceh. Memiliki jarak sekitar 2.500 km, perjalanan dengan bus tentunya bisa memakan waktu dua hari bahkan lebih jika mengalami masalah di tengah jalan.

Memang naik bus AKAP dari Jakarta ke Aceh terlihat buang-buang waktu, apalagi dengan adanya pesawat. Namun moda transportasi bus masih dipilih karena bisa memuat barang atau paket yang lebih besar.

Hal ini terlihat pada bus-bus AKAP menuju Sumatera biasanya sering membawa paket yang ditutup terpal di atap busnya. Paketnya pun beragam, mulai dari barang biasa sampai motor pun bisa diangkut.

Baca juga: PO Murni Jaya Naikkan Tarif Bus ke Jateng dan Yogya, Tembus Rp 500.000

Bus AKAP PO Putera Pelangikba.one Bus AKAP PO Putera Pelangi

Berikut ini Kompas.com kumpulkan tiga PO bus AKAP yang menawarkan bus dengan trayek Jakarta – Aceh. Tiga PO bus ini diantaranya ada PO PMTOH, Putra Pelangi Perkasa dan Sempati Star.

Untuk PO PMTOH, membanderol tiket bus trayek Jakarta – Aceh dengan harga Rp 800.000. Harga tersebut sudah termasuk kenaikan karena bus terakhir berangkat pada tanggal 30 April 2021 dari Jakarta.

“Kan tinggal delapan hari lagi, jadi Rp 800.000 itu sudah naik dari harga normal. Kelasnya AC toilet dengan susunan bangku 2-2,” ucap agen PMTOH kepada Kompas.com, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Motor Listrik Anubis Cruisercross Akan Digunakan Tim Paspampres

Sedangkan untuk PO Putra Pelangi membanderol tiketnya dengan harga Rp 850.000 untuk kelas eksekutif.

Namun harga tersebut masih tarif normal, karena harganya mulai naik per 25 April 20 persen menjadi Rp 1,2 juta.

“Kita terakhir berangkat tanggal 3 Mei 2021, tiket per tanggal 25 April naik 20 persen dari harga normal,” ucap agen Putra Pelangi.

Kemudian PO terakhir yang menawarkan bus AKAP dengan trayek Jakarta – Aceh adalah PO Sempati Star. Sempati Star masih melayani pemberangkatan ke Aceh sampai tanggal 4 Mei 2021.

“Tarifnya kalau sebelum tanggal 25 April Rp 880.000. Kalau tanggal 25 April sampai 4 Mei sudah ada kenaikan 20 persen jadi Rp 1,056 juta untuk executive class,” ucap agen Putra Pelangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com