Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Kontes, Laksana Segera Wujudkan Suites Combi Bus

Kompas.com - 19/04/2021, 15:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKontes desain livery dan interior bus Mercedes Benz OF 917 sudah berakhir. Dari enam karoseri yang mengikuti kontes tersebut, karoseri Laksana berhasil menjadi pemenangnya dengan konsep Suites Combi Bus.

Nantinya, desain ini akan diwujudkan menjadi sebuah bus untuk jalan-jalan. Karoseri Laksana membawa konsep bus yang tidak biasa pada kontes ini, yaitu kabinnya yang memadukan bangku social distancing dan suites class.

Werry Yulianto, Export Manager karoseri Laksana mengatakan, kontes ini diprakarsai oleh Mercedes Benz Indonesia dengan hadiah sebuah sasis Mercedes Benz OF 917 medium long chasis.

Baca juga: Benelli Luncurkan 2 Motor Baru, Saingan Vespa dan Motor Listrik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mercedes-Benz Bus Indonesia (@mercedesbenzid.bus)

 

“Laksana mengeluarkan konsep Suites Combi Bus sebagai bus medium pertama di Indonesia bahkan dunia yang mengadopsi suites class atau kursi rebahan,” ucap Werry kepada Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Soal kabinnya, Laksana memadukan Social Distancing Seat (susunan bangku 1-1-1) dengan Suites Class. Untuk bagian depan sampai tengah, memakai susunan bangku 1-1-1 sedangkan di belakang khusus Suites Class.

“Untuk bangku 1-1-1, totalnya ada 12, sedangkan untuk Suites Classnya ada 8 kursi rebah,” kata Werry.

Baca juga: [VIDEO] Mudahnya Bikin SIM Lewat Aplikasi

Konsep bus medium LaksanaDOK. LAKSANABUS Konsep bus medium Laksana

Werry mengatakan, sasis dari Mercedes Benz kabarnya baru dikirimkan di awal Mei 2021. Jadi Laksana memiliki waktu tiga bulan untuk membuat Suites Combi Bus.

“Sesuai estimasi, dari Mercedes Benz akan menggunakan unit ini dalam road show kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus 2021,” kata Werry.

Nantinya, jika bus ini sudah berhasil dibuat, tidak menutup kemungkinan pelanggan bisa memesan bus dengan model yang serupa. Werry mengatakan, Laksana selalu menawarkan bodi bus yang dapat dipergunakan oleh customer.

“Pastinya akan dijual juga untuk customer,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com