Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah Merawat Baterai Mobil Listrik, Cukup Perhatikan 2 Hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Baterai mobil listrik merupakan salah satu komponen yang sangat vital dan mahal harganya. Untuk itu, perlu perawatan yang baik dan benar.

Meski demikian, tidak perlu khawatir, karena perawatan baterai mobil listrik tidak sulit. Pengguna mobil listrik cukup memperhatikan tempat penyimpanan dan kapasitas baterai.

Salah satu mobil yang sudah diluncurkan dan juga menggunakan baterai adalah Mitsubishi Outlander PHEV. Meskipun, mobil tersebut bukan mobil listrik sepenuhnya.

"Mitsubishi Outlander PHEV menggunakan baterai dengan tipe Li-ion, karena itu untuk merawat baterai secara maksimal sebisa mungkin hindari memarkir kendaraan di lokasi dengan temperatur tinggi (panas) dan terkena sinar matahari langsung," ujar Head of After Sales Service Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto, dalam keterangan resminya.

Selain memperhatikan lokasi parkirnya, Boediarto menambahkan, untuk penggunaan sehari-hari, pemilik PHEV juga wajib menjaga kapasitas baterainya. Jangan dibiarkan kosong dan minimal dalam kondisi persentase sedang.

"Sebaliknya, pemilik kendaraan juga tidak disarankan menyimpan baterai dalam kondisi penuh untuk jangka waktu yang lama," kata Boediarto.

Bodiearto mengatakan, setiap pembelian Outlander PHEV, konsumen sudah mendapatkan jaminan berupa garansi baterai selama 3 tahun atau 100.000 km, merujuk pada ketentuan di service manual book.

Saat ini, Mitsubishi Outlander PHEV dibanderol Rp 1,31 miliar (OTR Jakarta). Tapi, selama penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, mobil ini didiskon hingga Rp 421 juta dengan ketentuan berlaku.

Jadi, selama IIMS Hybrid 2021, banderol Outlander PHEV ada di angka Rp 890 juta (OTR Jakarta). Pembelian tersebut sudah termasuk berbagai program yang mengikat atas kendaraan baru dari Mitsubishi Indonesia seperti garansi hingga 5 tahun, servis berkala, dan lain sebagainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/19/112100215/mudah-merawat-baterai-mobil-listrik-cukup-perhatikan-2-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke