Razia Lalu Lintas di Solo Diperketat Selama Ramadhan

Kompas.com - 19/04/2021, 08:12 WIB
Sepeda motor menggunakan knalpot bising diamankan polisi di Mako Satlantas Polresta Solo, Sabtu (13/3/2021). Dok Humas Polresta SoloSepeda motor menggunakan knalpot bising diamankan polisi di Mako Satlantas Polresta Solo, Sabtu (13/3/2021).

SOLO, KOMPAS.com - Setelah "kecolongan" dengan beredarnya video yang memperlihatkan aksi kebut-kebutan di jalan Slamet riyadi Solo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu, Satlantas kota Solo memperketat operasi pada malam hari.

Operasi dilakukan untuk mencegah kegiatan masyarakat yang meresahkan dan menyalahi aturan di kota Solo. Salah satunya untuk menghalang terjadinya balap liar ataupun kejadian kriminal di kota Solo.

Baca juga: PO Haryanto Naikkan Harga Tiket, Jakarta ke Solo Tembus Rp 500.000

"Operasi pada malam hari bulan puasa kami perketat, setelah kemarin merasa kecolongan dengan adanya aksi kebut-kebutan maka kami akan tetap melaukan tindakan preventif," kata Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Adhytia Warman kepada Kompas.com, Sabtu (17/4/2021).

Sepeda motor milik pembalap liar yang diamankan di Mapolresta Bandar Lampung. Aksi balapan liar ini sering berlangsung menjelang berbuka puasa dan setelah sahur di beberapa lokasi di Bandar Lampung.KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Sepeda motor milik pembalap liar yang diamankan di Mapolresta Bandar Lampung. Aksi balapan liar ini sering berlangsung menjelang berbuka puasa dan setelah sahur di beberapa lokasi di Bandar Lampung.

Selain melakukan operasi terhadap pengguna kendaraan yang melakukan balap liar, petugas juga melakukan tindakan terhadap pengguna sepeda motor yang menggunakan knalpot racing atau knalpot brong.

Baca juga: Punya Uang Rp 50 Juta, Bisa Dapat Sedan Apa di Surabaya?

Operasi yang dilakuan oleh petugas dilakukan hingga dini hari. Adhytia juga menjelaskan bahwa kepolisian juga akan membubarkan dan memberikan sosialisai kepada masyarakat yang melakukan kegiatan sahur on the road.

"Kemarin juga ada beberpa masyarakat yang melakukan kegiatan sahur on the road, setelah melakukan operasi lalu lintas kami lanjut operasi sampai dini hari dan mendapati beberapa orang yang malakukan kegiatan sahur on the road. Kami berikan sosialisai dan penjelasan, akhirnya mereka mengerti lalu bubar dengan tertib," ucap Adhytia.

Baca juga: Ramaikan IIMS Hybrid 2021, Jeep Tawarkan Diskon Ratusan Juta Rupiah

Polisi mengamankan tujuh remaja yang melakukan aksi balap liar di Kembangan, pada Kamis (12/11/2020) dini hari.Dokumentasi Humas Polres Jakarta Barat Polisi mengamankan tujuh remaja yang melakukan aksi balap liar di Kembangan, pada Kamis (12/11/2020) dini hari.

Bukan tanpa alasan, kegiatan yang dilakukan oleh jajaran Polresta Surakarta bertujuan untuk tetap menjaga keamanan di lingkungan kota Solo. Selain itu tidakan yang dilakukan juga untuk kepentingan besama mengingat kasus covid-19 yang masih beredar di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X