Adiputro Siapkan Varian Bus untuk Melawan Pandemi di Indonesia

Kompas.com - 16/04/2021, 08:02 WIB
Bus PO Pandawa 87 Givan Pandawa 87Bus PO Pandawa 87

JAKARTA, KOMPAS.comPandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat berbagai perusahaan melakukan inovasi, salah satunya karoseri. Pada masa pandemi, karoseri harus berinovasi untuk menciptakan bus yang aman dan tetap nyaman.

Karoseri Adiputro asal Malang menjadi salah satu karoseri yang berinovasi di masa pandemi. Ada berbagai varian terbaru yang dibuat untuk menambah rasa aman penumpang saat di kabin bus maupun untuk melakukan tes laboratorium.

Direktur PT Adiputro Wirasejati David Jethrokusumo mengatakan, ada varian terbaru dari bus buatan Adiputro yang mengutamakan physical distancing antar penumpangnya yang dinamakan Dream Coach.

Baca juga: Viral, Video Motor Tabrak Pejalan Kaki Saat Menyeberang di Zebra Cross

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

“Kita mengambil konsep capsule hotel bus. Jadi masing-masing penumpang ada di dalam kapsul individu dan di dalamnya dilengkapi dengan media entertainment, air purifier dengan HEPA filter dan gorden,” ucap David dalam webinar Busworld, Kamis (15/4/2021).

Selain membuat bodi bus, Adiputro juga mendapatkan permintaan untuk membuat mobil PCR unit. Mengambil basis dari sasis Isuzu ELF 4 roda untuk menggapai daerah-daerah pelosok yang tidak bisa dilewati bus.

Baca juga: Dibuka untuk Umum, Berapa Harga Tiket IIMS Hybrid 2021?

“Jadi kita pakai mobil PCR ini untuk ke daerah pelosok. Ada pengambilan spesimen dan langsung diproses karena ada lab di dalam mobil ini,” kata David.

Selain dua varian tersebut, Adiputro juga membuat standar baru bus dengan melengkapi dispenser hand sanitizer otomatis, pemasangan sekat di kursi pengemudi dan UV lights di bagian tengah kabin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X