Larangan Mudik Tidak Berpengaruh pada Penjualan Mobil Bekas

Kompas.com - 11/04/2021, 14:41 WIB
Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua. KOMPAS.COM/STANLY RAVELLapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya resmi mengeluarkan aturan larangan mudik Idul Fitri 1442 H.

Regulasi ini tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang pengendalian transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H dalam rangka pencegahan Covid-19.

Hal ini tentu bisa berdampak kepada bisnis mobil bekas, sebab biasanya pada momen libur Lebaran banyak masyarakat yang membeli mobil untuk mudik ke kampung halaman bersama keluarga tercinta.

Baca juga: Biaya Perawatan Honda CR-V 5 Tahun, Tembus Rp 19 Juta Lebih

Tetapi kondisi berbeda justru diungkapkan oleh salah satu pebisnis mobil seken di WTC Mangga Dua Joni Gunawan, ia mengaku penjualan mobil bekas masih stabil meskipun aturan larangan mudik diberlakukan.

“Sampai saat ini masih normal, belum ada penurunan,” ujar Joni saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/4/2021).

Joni mengatakan, hal ini bisa disebabkan karena stok mobil baru yang terbatas. Sehingga banyak konsumen yang beralih untuk membeli mobil bekas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019TAM Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019

“Saya dengar mobil baru keluarga yang mendapat PPnBM itu indennya lama, kemungkinan karena hal itu konsumen pada akhirnya beralih membeli mobil bekas,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Andi pemilik usaha jual beli mobil bekas Jordy Mobil di MGK Kemayoran. Dirinya mengatakan peminat mobil bekas saat ini berangsur mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan awal-awal pandemi.

Baca juga: Marquez Bisa Balapan di GP Portugal, Quartararo Minta Jangan Terlalu Kencang

“Terkait larangan mudik, belum ada dampak yang signifikan. Masih stabil,” ujar Andi.

Sementara untuk jenis mobil yang masih diminati oleh pasar mobil bekas hingga saat ini adalah mobil keluarga berkonfigurasi 7 penumpang.

“Masih tetap mobil keluarga (yang banyak diminati), seperti Toyota Innova, Avanza, Xenia, dan Xpander,” kata Andi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.