Insiden MotoGP Doha, Joan Mir: Miller Kelewatan, Sengaja Senggol Saya

Kompas.com - 05/04/2021, 13:21 WIB
Joan Mir Foto: Motorsport-Total.comJoan Mir
|

LOSAIL, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir mengatakan bentrokan antara dirinya  dengan Jack Miller di GP Doha 2021 bukan insiden biasa, sebab Miller diduga sengaja melakukannya.

Juara dunia MotoGP 2020 tersebut mengatakan Miller seharusnya dijatuhi penalti. Sebab insiden itu dilakukannya secara sadar dan punya maksud khusus terhadapnya.

Kejadian tersebut dimulai ketika Mir berusaha menyalip Miller untuk memperebutkan posisi kelima di tengah balapan.

Mir menyodok dari posisi bagian dalam dan kemudian sedikit menyenggol Miller.

Mir sempat mengangkat kaki untuk minta maaf. Tapi saat dia keluar dari tikungan terakhir, pebalap pabrikan Ducati itu berjalan kencang kemudian menyenggol Mir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hasil MotoGP Doha 2021 - Dominasi Yamaha di Losail, Quartararo Juara

"Apa yang terjadi dengan Jack pada tikungan 10 adalah bahwa itu adalah satu-satunya tempat yang bisa saya ambil alih. Saya mengambil posisi yang tepat. Dia memutuskan untuk tetap di luar. Dia mempertahankan posisinya. Kami bersentuhan sedikit. Saya mengangkat motornya," kata Mir mengutip Crash.net, Senin (5/4/2021).

"Saya mengerti itu adalah manuver yang berisiko, tetapi tidak melewati batas. Kemudian saya menggerakkan kaki untuk meminta maaf karena ketika hal seperti ini terjadi, saya ingin meminta maaf, saya suka menghindarinya," kata Mir.

Usai melewati Miller, pebalap asal Spanyol itu kemudian sedikit melebar di tikungan terakhir.

"Kemudian saya melebar di tikungan terakhir. Ketika saya melebar, saya melihat Jack. Dia menggerakkan kepalanya seperti dia melihat saya. Saya ke pinggir lintasan, di luar garis sebanyak yang saya bisa," katanya.

Baca juga: Klasemen Moto2 Usai GP Doha, Mas Bo Dapat Tambahan 3 Poin

"Kemudian dia datang menggunting saya dan kami berdua bersentuhan. Kami hampir menabrak di jalan lurus. Itu sangat berisiko, sangat berbahaya. Itu saja," kata Mir.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.