Diskon PPnBM Diperluas, 115 Komponen Wajib Masuk Kandungan Lokal

Kompas.com - 03/04/2021, 10:12 WIB
Semakin banyak komponen lokal yang digunakan Fortuner. Donny Apriliananda/KompasOtomotifSemakin banyak komponen lokal yang digunakan Fortuner.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi meluaskan relaksasi PPnBM mobil baru hingga 2.500 cc. Kebijakan ini sudah berlaku mulai 1 April 2021.

Dengan terbitnya aturan perluasan insentif tersebut, otomatis jumlah mobil baru yang bisa menikmati relaksasi pun bertambah.

"Melalui perluasan tersebut, kini ada 29 tipe mobil yang bisa memanfaatkan diskon PPnBM dari awalnya hanya 21 tipe," ucap Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan resminya, Jumat (2/4/2021).

Agus menjelaskan bila mobil baru yang bisa mendapatkan relaksasi berupa diskon PPnBM tersebut, tetap ada aturan mainnya, yakni telah memenuhi kandungan komponen buatan lokal.

Baca juga: Ada Honda City Hatchback, Ini 29 Mobil yang Menikmati Diskon PPnBM

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Kantornya, Jakarta, Rabu (7/10/2020).Dokumentasi Humas Kementerian Perindustrian Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Kantornya, Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Dalam Kepmenperin Nomor 839 Tahun 2021 yang baru saja diresmikan, tercatat ada 115 jenis komponen yang masuk dalam perhitungan kandungan lokal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, untuk persentase pembelian lokal atau local purchase-nya, diatur dalam keputusan kedua, dengan bunyi : 

"Kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU hams memenuhi persyaratan pembelian lokal (local purchase) yang meliputi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 60% (enam puluh persen)."

"Perusahaan industri yang memproduksi kendaraan bermotor dan produknya mendapatkan relaksasi PPnBM wajib menyampaikan kepada Kemenperin rencana pembelian (local purchase), serta menyampaikan surat pernyataan pemanfaatan hasil local purchase dalam kegiatan produksi," ucap Agus.

KENDARAAN BERMOTOR YANG DAPAT MEMPEROLEH PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH
YANG DITANGGUNG OLEH PEMERINTAH TAHUN ANGGARAN 2021Tangkapan Layar Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 839 Tahun 2021 KENDARAAN BERMOTOR YANG DAPAT MEMPEROLEH PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH YANG DITANGGUNG OLEH PEMERINTAH TAHUN ANGGARAN 2021

Baca juga: Resmi, Ini Aturan Diskon PPnBM Mobil 1.500 cc - 2.500 cc

Tak hanya itu, Kemenperin juga menuntut industri wajib menyampaikan faktur pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, laporan realisasi PPnBM ditanggung pemerintah, dan kinerja penjualan triwulan.

Kemenperin melalui Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, akan melakukan pengawasan dan evaluasi atas realisasi rencana local purchase tersebut yang melibatkan lembaga verifikasi independen yang telah ditunjuk.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.