Jangan Pernah Taruh Kaki di Dasbor Mobil

Kompas.com - 31/03/2021, 17:23 WIB
Menaruh kaki di dasbor Cicmah hasyim - bloggerMenaruh kaki di dasbor

JAKARTA, KOMPAS.com – Menaruh kaki di dasbor mobil kerap dilakukan oleh penumpang yang duduk di kursi depan. Mereka merasa kalau menaruh kaki di dasbor membuat perjalanan jadi lebih nyaman dan santai.

Posisi kaki di dasbor ini dilakukan tidak hanya saat mobil berhenti, bahkan ada juga yang melakukannya saat sedang berjalan. Perlu diketahui, menaruh kaki di posisi ini sangat berbahaya, terutama pada mobil dengan airbag.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, posisi kaki di dasbor sangat berbahaya. Ketika mobil tabrakan, kaki bisa patah karena airbag atau tertekan dasbor.

Baca juga: Update Kondisi Terkini Jalan Tol Cipali yang Ambles

Toyota Camry baru dengan airbag lengkap.TAM Toyota Camry baru dengan airbag lengkap.

Airbag yang meledak juga bisa membuat dengkul kita menghantam ke muka, bisa gegar otak,” kata Marcell kepada Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Marcell mengatakan, kecepatan ledak airbag ketika mengembang bisa mencapai 350 kpj. Oleh karena itu, tentu saja kaki yang ada di atas dasbor jadi ikut terdorong dengan kecepatan tadi.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, penumpang yang duduk di dalam mobil ada etikanya. Etika ini diatur atas dasar keselamatan dan keamanan.

Baca juga: Toyota Bikin Yaris Cross Jadi Lebih Gagah untuk Bertualang

“Kalau berlaku tidak wajar atau duduk sembarangan akan berisiko fatal saat kecelakaan. Karena duduk sempurna salah satu yang mengurangi risiko cedera,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Sony mengatakan, kalau menaruh kaki di dasbor yang mana bukan tempat semestinya, sama dengan menantang maut. Ketika mobil mengerem saja, posisi yang tidak sempurna ini membuat badan merosot ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.