Kurang Soft Skill, Pengendara Motor Nyaris Tersenggol Ambulance

Kompas.com - 31/03/2021, 16:31 WIB
Pentingnya menoleh saat akan melakukan manuver Foto: Tangkapan layar akun instagram Agoez BandzPentingnya menoleh saat akan melakukan manuver
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pengendara sepeda motor yang meremehkan manfaat menoleh saat akan melakukan manuver, baik saat belok atau pindah jalur.

Padahal menoleh untuk melihat situasi di samping dan belakang motor sangat dianjurkan. Supaya pengendara dapat leluasa melihat apa yang ada di belakangnya.

Seperti yang terjadi dalam video yang diunggah akun Instagram, Agoez Bandz. Terlihat seorang pengendara motor yang nyaris tersenggol ambulance.

Baca juga: Awas, Salah Mengencangkan Busi Malah Harus Bongkar Mesin

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam video tersebut terlihat ambulance yang sedang membunyikan sirine berjalan cepat di sisi kanan. Di sisi lain ada pengendara motor yang tanpa melihat langsung mengambil jalan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, pemotor yang jarang menoleh saat manuver artinya tidak paham keselamatan berkendara.

“Tabrakan bisa saja terjadi salah satunya karena adanya pengendara yang tidak paham rambu-rambu dalam bermanuver,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Saat bermanuver artinya mengambil jalan atau jalur orang lain, sehingga harus melihat, menyalakan lampu sein dan melakukan manuver saat sudah diberi kesempatan.

Bupati Seluma dan wakilnya naiki motor masuk kerja di hari pertamaKOMPAS.COM/FIRMANSYAH Bupati Seluma dan wakilnya naiki motor masuk kerja di hari pertama

Baca juga: Mudik Dilarang, Tapi Bina Marga Tetap Siapkan Jalur Lebaran

“Pengendara yang tidak menoleh saat manuver hanya mengandalkan hard skill. Padahal soft skill atau perilaku saat berkendara juga penting,” ucap Sony.

Selain itu, jika tidak menoleh saat ingin manuver, masih ada titik buta atau blind spot yang tidak terlihat. Sehingga akan rawan tersenggol kendaraan lain.

Di samping itu, ambulance memang termasuk dari tujuh kendaraan yang memiliki hak utama, sehingga mendapat prioritas dan wajib didahulukan dibanding pengguna jalan lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X