Rahasia Top Speed Ducati di GP Qatar Bisa Tembus 362 Kpj

Kompas.com - 30/03/2021, 16:31 WIB
Johann Zarco Foto: Twitter Pramac RacingJohann Zarco

JAKARTA, KOMPAS.com - Johann Zarco berhasil memecahkan rekor top speed pada rangkaian seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Top speed Ducati Desmosedici GP21 ini tembus 362,4 km/jam.

Top speed tersebut berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Andrea Dovizioso tahun 2019 di Sirkuit Mugello, Italia. Saat itu, top speed yang diraih Dovi tembus 356,7 km/jam.

Baca juga: Johann Zarco Pecahkan Rekor Tembus 360 kpj, Rossi Sebut Luar Biasa

Trek lurus di Qatar sendiri hanya berjarak 1.068 meter. Dengan jarak itu, Zarco berhasil memecahkan rekor saat sesi latihan bebas.

Johann Zarco saat balapan di MotoGP Qatar pada MotoGP 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Johann Zarco saat balapan di MotoGP Qatar pada MotoGP 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Namun, Zarco membeberkan, rekor top speed tersebut diraihnya tidak sendiri. Tapi, ada juga bantuan dari pebalap lain yang ada di depannya.

"Saya meraih top speed berkat slipstream yang sangat bagus dan karena saya mengerem sangat telat. Hanya kombinasi kedua itulah yang menghasilkan rekor tersebut," ujar Zarco, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Hasil Balapan MotoGP Qatar 2021; Vinales Fantastis, Joan Mir vs Zarco Berkelas

Zarco menambahkan, dirinya berpikir bisa menembus 360 km/jam, tapi tidak menyangka kecepatannya sampai 362 km/jam.

Bukan hanya Zarco, pebalap Ducati lainnya juga memiliki top speed yang luar biasa. Jorge Martin, Jack Miller, dan Francesco Bagnaia, ketiga pebalap ini berhasil melebihi 355 km/jam di Qatar.

Slipstream, teknik balap yang kerap dilakukan di MotoGPDok. MotoGP Slipstream, teknik balap yang kerap dilakukan di MotoGP

Selain Ducati, pebalap Repsol Honda Team, Pol Espargaro, juga berhasil melebihi angka tersebut. Sementara Stefan Bradl, hanya mendapat 351,7 km/jam.

Yamaha, KTM, dan Suzuki, hanya ada di kisaran 350 km/jam. Aprilia juga cukup rendah, dengan top speed hanya 348 km/jam.

Tapi, paling rendah adalah Franco Morbidelli yang mengendarai YZR-M1 versi 2019 dengan 345 km/jam.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X