Ini Biaya Uji Emisi untuk Sepeda Motor di Jakarta

Kompas.com - 29/03/2021, 17:41 WIB
Uji emisi gratis yang dilakukan oleh Yamaha Dok. YIMMUji emisi gratis yang dilakukan oleh Yamaha

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah memberlakukan kebijakan wajib uji emisi gas buang kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat per Januari 2021 silam.

Para pemilik kendaraan bermotor, utamanya kendaraan yang berusia lebih dari tiga tahun, wajib melakukan uji emisi sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020.

Kebijakan ini jadi upaya Pemprov DKI dalam langkah pengendalian polusi udara di DKI Jakarta.

Uji emisi kendaraan secara mandiri dapat dilakukan di bengkel-bengkel resmi milik Agen Pemegang Merk (APM).

Baca juga: Banyak Knalpot Racing Palsu yang Beredar, Suaranya Lebih Berisik

Uji Emisi Kendaraan Gratis jelang implementasi sanksi pada 24 Januari 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Uji Emisi Kendaraan Gratis jelang implementasi sanksi pada 24 Januari 2021

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan pemilik sepeda motor bila harus melakukan uji emisi secara mandiri?

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan bahwa tarif untuk uji emisi masih beragam. Belum ada aturan yang menyeragamkan biaya uji emisi tersebut.

"Untuk saat ini biaya uji emisi sepeda motor antara Rp 50.000 - Rp 60.000. Namun bisa juga jadi satu kesatuan dengan biaya servis," kata Yogi saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Yogi juga menjelaskan bahwa Pemprov DKI belum ada rencana untuk menyusun kebijakan penyeragaman biaya uji emisi.

Pemprov DKI menyerahkan harga di pasaran dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi pihak swasta membantu memenuhi kebutuhan tempat uji emisi.

Baca juga: Jangan Merokok Sambil Naik Motor, Bisa Kena Denda Rp 750.000

Gojek kasih Uji Emisi gratis buat para driverIstimewa Gojek kasih Uji Emisi gratis buat para driver

Namun menurut penuturan Yogi, dari Pemprov DKI sendiri juga memberikan layanan uji emisi gratis secara rutin. Namun, diberlakukan kuota terbatas hanya beberapa ratus kendaraan tiap dilaksanakan uji emisi gratis ini.

"Masih (melayani uji emisi gratis). Di Sudin tiap hari Rabu bekerja sama dengan bengkel-bengkel dan di Dinas setiap hari Selasa," kata Yogi menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.