Banyak Knalpot Racing Palsu yang Beredar, Suaranya Lebih Berisik

Kompas.com - 29/03/2021, 15:41 WIB
Razia knalpot bising Foto: Twitter TMC Polda Metro JayaRazia knalpot bising
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian sedang giat merazia pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak standar atau aftermarket bersuara bising.

Indra Wijaya Manager Marketing PT Weerex Jaya Sukses, produsen knalpot lokal merek WRX Exhaust, mengatakan, produknya sudah mengikuti aturan yang berlaku.

Indra menyebut, di lapangan banyak knalpot yang tidak mengikuti aturan standar bising karena dipalsukan. Knalpot palsu itu yang membuat suaranya lebih besar dari seharusnya.

Baca juga: Dapat Insentif PPnBM, Pilih Toyota Fortuner Baru atau Bekas?

 

Ilustrasi knalpot motorStanly/Otomania Ilustrasi knalpot motor

"Sedangkan praktek di lapangan yang namanya produsen knalpot ini merasa ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab memakai merek kita," katanya kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

"Itu yang terjadi di lapangan. Jadi itu bukan produk asli. Sedangkan kalau produk asli sudah disesuaikan dengan kebutuhan, sedangkan yang palsu ngejar harga murah. Model asal dan tempel logo kita," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Indra mengatakan, kasus pemalsuan merek knalpot ini bukan hanya di produk lokal tapi juga untuk merek-merek luar negeri.

Baca juga: Dijual Rp 339 Jutaan, Mazda Luncurkan CX-3 1.500 cc

Knalpot racing Yoshimura tipe Hepta Force TSS untuk Kawasaki Ninja ZX-25RKMI Knalpot racing Yoshimura tipe Hepta Force TSS untuk Kawasaki Ninja ZX-25R

"Itu yang terjadi di lapangan. Jadi maklum banyak yang bilang berisik, karena kejadiannya seperti itu. Itu bukan hanya satu merek saja, hampir semua merek baik lokal dan impor dipalsukan. Yang mana mereka bikin tanpa standar," katanya.

Hanky Kurniawan, Sales Marketing PT Trivera Jaya, distributor resmi Yoshimura di Indonesia, saat dikonfirmasi enggan berkomentar jauh mengenai dugaan tersebut.

"Kalau itu mungkin terlalu jauh. Kalau itu saya tidak bisa menilai seperti itu," katanya.

Di sisi lain, Edi Nurmato alias Abenk, produsen knalpot bermerek Abenk Muffler asal Bogor, Jawa Barat, mengatakan, di lapangan banyak yang melepas db killer. 

Baca juga: Apakah Penyebab Knalpot Motor Ngebul Asap Putih dan Hitam

Ragam knalpot racing untuk sepeda motorSetyo Adi/Otomania Ragam knalpot racing untuk sepeda motor

"Kalau dari saya, knalpot yang saya jual sudah diukur dengan sound level meter atau alat pengukur suara," kata Abenk kepada Kompas.com.

Abenk mengatakan, produsen sudah memberikan peredam. Tapi di lapangan praktiknya banyak yang melepas sehingga suaranya jadi besar.

"Knalpot juga sudah dilengkapi dengan db killer (peredam). Tapi bisa saja di lapangan itu dimodif lagi, suaranya suka yang besar terus db killer dicopot jadi suara yang keluar lebih tinggi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.