Dapat Insentif PPnBM, Pilih Kijang Innova Baru atau Bekas?

Kompas.com - 29/03/2021, 13:02 WIB
Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian. Kompas.com / Setyo AdiToyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova menjadi salah satu model kendaraan yang mendapatkan manfaat perluasan pajak pembelian atas barang mewah (PPnBM) hingga 50 persen pada 1 April 2021.

Menurut salinan Surat Keputusan Toyota Sales Operation (Auto2000), secara umum mobil memperoleh penyesuaian harga hingga Rp 32 juta khusus wilayah DKI Jakarta, Bekasi, dan Banten (pelat nomor B).

Banderol tersebut bisa berubah lima bulan mendatang seiring perbedaan skema pemberian relaksasi yang terbagi atas dua, yaitu periode April-Agustus 2021 dan September-Desember 2021.

Baca juga: Mobil Apa Saja yang Dapat Diskon PPnBM untuk Kubikasi Mesin 2.500 cc?

Toyota Kijang InnovaFoto: TAM Toyota Kijang Innova

Meski demikian, harga jual dari mobil keluarga medium tersebut masih sulit dijangkau untuk sebagian masyarakat. Sehingga, pasar mobil bekas masih menjadi alternatif menarik.

Apalagi penerapan insentif tentunya akan berdampak pada harga jual di pasar terkait. Lantas, lebih baik pilih Kijang Innova baru atau bekas?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu pebisnis mobil seken di WTC Mangga Dua Joni Gunawan mengatakan, saat ini harga bekas Kijang Innova masih cukup stabil. Tetapi, ia tak menampik bila akan ada penurunan harga sampai Rp 25 jutaan.

"Untuk saat ini, harga bekas Kijang Innova masih stabil. Kalau sampai disahkan (berlaku PPnBM), diprediksi bisa lebih turun dibandingkan yang 1.500 cc. Penurunan harga bisa Rp 10 juta sampai Rp 25 jutaan," ujar dia kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Alasan Pemerintah Perluas Pemberian Insentif PPnBM ke Mobil Berkubikasi Mesin 2.500 cc

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

Joni mengatakan, pasar mobil bekas ikut menyesuaikan harga jual terkait insentif yang diberikan pemerintah. Sehingga jika harga mobil turun, maka harga bekasnya juga ikut lebih murah. Namun, hal itu hanya terjadi pada mobil bekas usia muda, yang memiliki spesifikasi mirip dengan mobil keluaran baru.

Apalagi Kijang Innova cukup diminati oleh konsumen karena harga bekasnya yang mulai bersahabat, seperti Toyota Innova generasi ketiga yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 100 jutaan.

Berikut kisaran harga Kijang Innova dilansir dari berbagai situs jual beli online;

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.