Minion, Motor Mini Berjubah Sepatbor VW Kodok

Kompas.com - 29/03/2021, 11:42 WIB
Modifikasi motor mini Minion Foto: dok. Rainbow Moto BuilderModifikasi motor mini Minion

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren modifikasi motor mini terus menggeliat. Konsepnya pun bermacam-macam dan inspirasinya bisa datang dari mana saja.

Contoh modifikasi motor mini yang unik ialah Minion kreasi Rainbow Moto Builder asal Sukabumi, Jawa Barat. Desainnya minimalis, tapi berbeda seperti motor mini dengan jubah sepatbor VW kodok alias Beetle.

Baca juga: Modifikasi Motor Bebek Jadi Monkey Bobber

Sang builder Adega Anggayasta mengatakan, Minion terinspirasi dari motor mini Volkspod yang pernah dibuat oleh Brent Walker asal Amerika Serikat.

Modifikasi motor mini Minion Foto: dok. Rainbow Moto Builder Modifikasi motor mini Minion

"Jadi sebenarnya itu sudah pernah dibikin oleh Brent Walker dari sepatbor mobil VW. Waktu itu dia bikin pakai mesin potong rumput namanya Volkspod," kata Dega kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dega kemudian mencontoh konsepnya karena unik. Tapi alih-alih memakai mesin potong rumput, dia memakai basis motor matik alias skutik.

"Nah kita coba buat bikin pakai matik. Jadi kita bikin konsepnya, bikin replikanya, tapi mesinnya pakai motor matik biar ada surat-suratnya. Jadi bisa dibawa jalan," katanya.

Modifikasi motor mini Minion Foto: dok. Rainbow Moto Builder Modifikasi motor mini Minion

Dega mengatakan Minion memakai basis Yamaha Fino. Tapi katanya, sebetulnya bisa pakai motor apa saja asal skutik yang tidak terlalu besar.

Rangka Minion sudah full custom. Rangka asli punya Fino yang dipakai hanya bagian komstir untuk mengambil nomor rangka, tapi sisanya bikin sendiri.

Modifikasi motor mini Minion Foto: dok. Rainbow Moto Builder Modifikasi motor mini Minion

"Dimensinya kita buat mirip Honda monkey. Supaya tidak terlalu kecil atau besar. Karena kalau terlalu kecil juga kurang pas," kata Dega.

Baca juga: Siapa yang Lebih Butuh GPS Saat Mengemudi, Pria atau Wanita?

Bodi yang menyerupai sepatbor VW Beetle dibuat dari bahan pelat galvanis ketebalan 1,2 mm. Sedangkan pelek depan belakang dan ban ukuran 10 inci.

Modifikasi motor mini MinionFoto: dok. Rainbow Moto Builder Modifikasi motor mini Minion

Motor tidak memakai suspensi depan belakang alias rigid.

"Sokbreker rigid karena kita mengejar dimensinya. Motornya memang tidak pakai sokbreker, yang di luar juga tidak pakai (Volkspod). Jadi konsepnya buat jalan santai," katanya.

Minion dijual dengan harga Rp 20 juta paket dengan motor. Tapi jika memakai motor sendiri biayanya Rp 16 juta. Waktu pengerjaan sekitar 90 hari kerja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X