Honda Monkey 2021, Pakai Jeroan Mesin Baru

Kompas.com - 29/03/2021, 11:02 WIB


BANGKOK, KOMPAS.com - Honda Thailand resmi melansir Monkey Z125 model 2021. Honda Monkey model baru ini dibekali beberapa perubahan dari sebelumnya.

Namun, sama seperti Honda Super Cub C125 model 2021 yang baru meluncur juga di Negeri Gajah Putih, Monkey anyar disebut-sebut menggunakan mesin baru.

Baca juga: Perhatikan Hal Berikut Sebelum Touring Pakai Skutik

Honda Monkey Foto: Young Machine Honda Monkey

Majalah Jepang, Young Machine mengatakan bahwa Monkey Z125 model 2021 yang meluncur di Thailand menggunakan mesin Honda Grom 125 dan bertransmisi 5 percepatan.

Adapun dalam hal ini Cub House, dealer motor hobi Honda di Thailand belum melansir spesifikasi resmi. Meski demikian, Young Machine yakin bahwa Monkey kini dibekali mesin baru.

"Detailnya belum diumumkan, tapi keberadaan mesin 125cc baru yang 'lebih seru dari sebelumnya' sudah jelas. Tampilan mesinnya sama dengan Grom yang baru saja diumumkan resmi di Jepang," tulis Young Machine, dikutip Minggu (28/3/2021)

 

Honda Monkey versi Gundam edisi terbatas dirilis di Motor Expo 2020 di ThailandAP Honda Honda Monkey versi Gundam edisi terbatas dirilis di Motor Expo 2020 di Thailand

Mesin Grom 125 atau MSX 125 mempunyai langkah piston yang lebih panjang. Hal ini disebut menguntungkan karena artinya tenaga motor mini tersebut jadi lebih responsif.

Baca juga: Siapa yang Lebih Butuh GPS Saat Mengemudi, Pria atau Wanita?

Melansir situs resmi AP Honda, mesin Grom 125 berkapasitas 123,9 cc dengan rincian bore x stroke yaitu 50.0 x 63,1 mm dan rasio kompresi 10: 1, memakai transmisi 5-percepatan.

Adapun Monkey Z125 saat ini yang juga dijual di Indonesia, bermesin 125 cc, bore x stroke 52,4 x 57,9 mm, rasio kompresi 9,3:1, dan dibekali transmisi manual 4 percepatan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.