Tanggapan Karoseri Soal Bus Hasil Rombak Bengkel Bodi

Kompas.com - 29/03/2021, 10:22 WIB
Bus AKAP PO Puspa Jaya DOK. LAKSANABUSBus AKAP PO Puspa Jaya

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi dengan rombak bodi bus di bengkel bodi memang menjadi kegiatan yang sering dilakukan. Biasanya PO bus merombak bodi kendaraan niaga  agar terlihat tetap segar dengan biaya yang relatif lebih ekonomis.

Bodi bus yang biasanya menjadi model rombakan adalah Jetbus 3+ Voyager. Namun saat ini, model bus buatan Laksana seperti Legacy SR2 HD Prime juga bisa dibuat oleh bengkel-bengkel kecil.

Untuk tampilannya pun secara kasat mata tidak berbeda jauh dengan buatan karoseri. Lalu soal model yang sangat mirip ini, apa tanggapan dari karoseri aslinya?

Baca juga: Johann Zarco Pecahkan Rekor Tembus 360 kpj, Rossi Sebut Luar Biasa

Bus AKAP PO SANDOK. PERPALZ TV Bus AKAP PO SAN

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, masalah jiplak-menjiplak ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Oleh karena itu karoseri Laksana terus berinovasi membuat tampilan yang berbeda dari bus-busnya.

“Jiplak-menjiplak ini memang sudah ada sejak dulu, namun Laksana berusaha untuk mengeluarkan desain yang orisinal,” ucap Werry kepada Kompas.com, Minggu (28/3/2021).

Selain itu, Werry mengatakan kalau saat ini para penumpang sudah mulai kritis, sehingga tahu kualitas juga dari bus yang dinaiki. Soal bentuk bus yang mirip ini, karoseri sebenarnya belum pernah coba menuntut para bengkel rombak bus.

Baca juga: Demam MotoGP, Livery Mandalika Racing Team Banyak Dicari

“Memang desainnya tidak atau belum dipatenkan, jadi susah untuk dituntut. Jadi untuk sementara ini masih aman saja bagi yang merombak bus,” kata Werry.

Di masa pandemi Covid-19 ini juga berbagai karoseri memberikan program upgrade bus. Jadi pemilik bus bisa membawa bus lamanya ke karoseri, lalu bodinya disegarkan dengan model terbaru sehingga bisa menghemat biaya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X