Usai Diberlakukan Diskon PPnBM, Penjualan Mobil Bekas Tetap Stabil

Kompas.com - 25/03/2021, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren penjualan mobil bekas mulai ramai pada awal 2021. Hal ini tentu menjadi sinyal positif, setelah mengalami penurunan pada tahun lalu karena pandemi.

Pada awal Maret lalu, pemerintah memutuskan untuk memberlakukan Pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen. Dengan diberlakukannya kebijakan tersebut, digadang-gadang akan berpengaruh pada harga jual mobil bekas di pasaran.

Namun, hal yang berbeda justru terjadi di pasar mobil bekas. Beberapa pebisnis mobil bekas mengaku bahwa kebijakan diskon pajak tersebut tidak berpengaruh pada penjualan mereka.

Baca juga: Kenali Dua Tipe Sistem Rem Bus Agar Bisa Cegah Rem Blong

Salah satu pebisnis mobil seken di WTC Mangga Dua Joni Gunawan mengatakan, meningkatnya permintaan mobil bekas pada awal tahun ini ditandai dengan stok di pasaran yang cenderung sedikit.

Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.

“Waktu pandemi hingga awal tahun itu kita kesulitan mendapatkan stok mobil bekas. Peminatnya banyak, tapi stoknya enggak ada. Untungnya sekarang sudah mulai normal, stok sudah mulai penuh,” kata Joni saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/3/2021).

Lebih lanjut lagi, Joni mengatakan, MPV masih menjadi segmen yang digemari konsumen.

“Untuk saat ini Toyota Avanza dan Innova, penjualannya bagus dan peminatnya juga banyak,” katanya.

Baca juga: Konsep Motor Listrik Canggih, Bisa Jenihkan Udara dan Ngecas Nirkabel

Hal serupa juga dilontarkan oleh Andi pemilik usaha jual beli mobil bekas Jordy Mobil di MGK Kemayoran. Dirinya mengaku, sejak awal bulan Maret lalu stok mobil bekas sudah kembali normal.

“Untuk saat ini sudah mulai penuh stoknya. Rata-rata mereka (yang menjual) ingin mengganti mobil baru, atau bisa juga karena kebutuhan untuk anak-anaknya masuk sekolah atau biaya kuliah,” ucap Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.