Pembatasan Mobil Usia 10 Tahun Ternyata Sudah Berlaku Terbatas

Kompas.com - 25/03/2021, 08:02 WIB
Petugas gabungan dalam Operasi Yustisi Protokol COVID-19 menggelar razia angkutan umum yang melanggar batas kapasitas angkutan orang di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2020). Operasi Yustisi tersebut dilaksanakan untuk menertibkan masyarakat agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas gabungan dalam Operasi Yustisi Protokol COVID-19 menggelar razia angkutan umum yang melanggar batas kapasitas angkutan orang di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2020). Operasi Yustisi tersebut dilaksanakan untuk menertibkan masyarakat agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta punya wacana untuk membatasi peredaran kendaraan berusia 10 tahun ke atas di jalanan Ibu Kota. Meski begitu, kebijakan ini masih terganjal aturan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengatakan, wacana ini belum bisa diterapkan lantaran harus disesuaikan dengan UU LLAJ.

Sementara saat ini masih berlaku Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang belum membahas soal pembatasan kendaraan usia 10 tahun ke atas.

Baca juga: Jangan Stut, Begini Cara Benar Derek Motor yang Mogok

Ribuan Angkot Jak Lingko mendapat penyemprotan disinfektanPT SIS Ribuan Angkot Jak Lingko mendapat penyemprotan disinfektan

"Di dalam UU nomor 22 2009, pembatasan kendaraan pribadi khususunya belum dilakukan,” ujar Syafrin, dalam webinar, Rabu (24/3/2021).

“Oleh sebab itu Pemprov DKI Jakarta akan terus berkordinasi melihat arah kebijakan nasional untuk kemudian diselaraskan dalam tatanan implementasi di Jakarta," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Syafrin, pihaknya masih menantikan revisi UU No 22/2009, khususnya dalam mengatur batasan usia kendaraan yang boleh beroperasi.

Baca juga: MotoGP 2021 Dimulai Pekan Ini, Cek Jadwal Balapannya

Penumpang turun dari bus Transjakarta di Halte Budaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Penumpang turun dari bus Transjakarta di Halte Budaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.

Adapun soal larangan untuk kendaraan berusia di atas 10 tahun, sebetulnya sudah berlaku terbatas pada angkutan umum.

Jika ada operator yang tidak memenuhi syarat batasan usia tersebut, mereka akan diberi sanksi berhenti beroperasi atau mobil dikandangkan.

"Terkait dengan pembatasan usia kendaraan, pada Perda 5 tahun 2015, untuk batasan 10 usia kendaraan bermotor angkutan umum sudah diimplementasikan sejak tahun lalu oleh dinas perhubungan," ucap Syafrin.

"Dan bisa kita lihat seluruh angkutan umum di Jakarta, itu mayoritas sudah berusia maksimum 10 tahun, dan jika ada angkutan umum di atas 10 tahun kami langsung setop operasi dan tidak bisa dikeluarkan kecuali yang bersangkutan melakukan scraping mandiri," kata Syafrin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X