Kompas.com - 25/03/2021, 09:12 WIB
Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjir TAMToyota Corolla Cross melewati simulasi banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil listrik memang cukup diminati masyarakat ibu kota, pasalnya mobil ini terbilang memiliki beberapa keunggulan. Salah satu yang paling dirasakan oleh penggunanya adalah tidak perlu terkena peraturan ganjil genap.

Namun ternyata masih ada beberapa kendala yang membuat masyarakat berpikir dua kali untuk membeli mobil listrik. Satu diantaranya adalah terkait kemampuan mobil untuk menghadapi curah hujan yang cukup tinggi yang disertai dengan genangan air.

Baca juga: Kenali Dua Tipe Sistem Rem Bus Agar Bisa Cegah Rem Blong

“Banyak yang masih khawatir, itu hal yang wajar. Tapi perlu diketahui, baterai pada mobil listrik itu bersifat kering dan ada pelindungnya, tidak seperti pada ponsel,” ujar Service Head Auto2000 Jayakarta, Hendra Leksmono, belum lama ini kepada Kompas.com.

Meski ada pelindungnya, menurut Hendra, pemilik kendaraan sebaiknya tidak memaksakan untuk menerobos genangan air yang tinggi.

Rangka dan baterai pada mobil listrik murni Toyota, Lexus UX 300e.Toyota Rangka dan baterai pada mobil listrik murni Toyota, Lexus UX 300e.

Paling tidak, jangan sampai setengah ban. Sebab, saat melintasi wilayah tersebut kemungkinan air memasuki bagian-bagian berbahaya di balik lap mesin terbuka lebar. Pada akhirnya, kendaraan bisa mengalami mogok.

“Kalau mobil mati, masalah tersebut (baterai rusak) masih bisa terjadi karena aliran listriknya itu tetap hidup untuk mengaktifkan alarm, anti thief dan lain sebagainya.” ucap Hendra.

Baca juga: Konsep Motor Listrik Canggih, Bisa Jenihkan Udara dan Ngecas Nirkabel

Imbauan ini sejatinya tidak hanya untuk mobil berteknologi motor listrik, tetapi juga kendaraan dengan mesin konvensional.

“Bila dipaksakan, siap-siap untuk mengocek dana besar untuk melakukan perbaikan,” kata Hendra.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X