Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2021, 16:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper mobil tidak bisa dianggap remeh. Komponen ini berperan penting dalam menyeka air yang menutupi kaca mobil agar pengendara tetap bisa melihat kondisi di luar mobil.

Untuk mobil yang sudah berbulan-bulan tidak digunakan, pemilik mobil wajib mengecek kondisi wiper di samping memanaskan mesin dan memeriksa sistem kelistrikan.

Meski Indonesia sebentar lagi akan memasuki musim kemarau, beberapa wilayah masih diguyur hujan tiap harinya. Maka wiper harus selalu dalam keadaan optimal agar dapat berfungsi dengan baik.

Saat mobil terparkir, wiper umumnya berada pada kondisi menempel pada kaca. Jika kondisi tersebut berlangsung selama berbulan-bulan, komponen karet pada wiper dapat rusak.

Baca juga: Penjualan SUV Murah Anjlok di Februari, Toyota Rush Masih Kuasai Pasar

Karet Wiper toyotadisamarinda.com Karet Wiper

"Wiper itu kalau posisinya nempel di kaca terus biasanya akan getas. Jika sudah getas, karet wiper bisa pecah-pecah. Ini dapat menyebabkan wiper tidak berfungsi baik untuk menyeka air pada kaca," kata Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor beberapa waktu lalu.

Segera ganti karet pada wiper jika sudah dalam kondisi getas. Penggantian karet wiper bertujuan agar kerja wiper lebih optimal.

Ingat untuk rutin merawat wiper seperti memberi pelumas pada poros wiper.

Saat mencuci mobil, jangan mengelap karet wiper. Cukup bilas dengan air bersih dan biarkan mengering sendiri dengan posisi wiper terangkat atau terbuka.

Tapi jangan lupa untuk mengembalikan posisi wiper kembali saat kondisi sudah kering.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com