Cek Kondisi Wiper bila Mobil Lama Diparkir

Kompas.com - 20/03/2021, 16:41 WIB
Merawat wiper kaca mobil autofresh.netMerawat wiper kaca mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper mobil tidak bisa dianggap remeh. Komponen ini berperan penting dalam menyeka air yang menutupi kaca mobil agar pengendara tetap bisa melihat kondisi di luar mobil.

Untuk mobil yang sudah berbulan-bulan tidak digunakan, pemilik mobil wajib mengecek kondisi wiper di samping memanaskan mesin dan memeriksa sistem kelistrikan.

Meski Indonesia sebentar lagi akan memasuki musim kemarau, beberapa wilayah masih diguyur hujan tiap harinya. Maka wiper harus selalu dalam keadaan optimal agar dapat berfungsi dengan baik.

Saat mobil terparkir, wiper umumnya berada pada kondisi menempel pada kaca. Jika kondisi tersebut berlangsung selama berbulan-bulan, komponen karet pada wiper dapat rusak.

Baca juga: Penjualan SUV Murah Anjlok di Februari, Toyota Rush Masih Kuasai Pasar

Karet Wiper toyotadisamarinda.com Karet Wiper

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Wiper itu kalau posisinya nempel di kaca terus biasanya akan getas. Jika sudah getas, karet wiper bisa pecah-pecah. Ini dapat menyebabkan wiper tidak berfungsi baik untuk menyeka air pada kaca," kata Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor beberapa waktu lalu.

Segera ganti karet pada wiper jika sudah dalam kondisi getas. Penggantian karet wiper bertujuan agar kerja wiper lebih optimal.

Ingat untuk rutin merawat wiper seperti memberi pelumas pada poros wiper.

Saat mencuci mobil, jangan mengelap karet wiper. Cukup bilas dengan air bersih dan biarkan mengering sendiri dengan posisi wiper terangkat atau terbuka.

Tapi jangan lupa untuk mengembalikan posisi wiper kembali saat kondisi sudah kering.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.