Tesla, Mobil Listrik Asal AS dengan Jeroan Buatan Taiwan

Kompas.com - 20/03/2021, 13:01 WIB
Taiwan rajai industri mobil listrik Dok. Pixabay.comTaiwan rajai industri mobil listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, umtuk saat ini Tesla jadi mobil listrik yang paling canggih. Meski perusahaannya berasal dari Amerika Serikat, tapi ternyata sebagian besar komponennya justru didatangkan dari Taiwan.

Taiwan memang terkenal di dunia dengan industri elektronik, industri teknologi tinggi, dan industri mesin selama bertahun-tahun. Taiwan memiliki banyak tenaga ahli di bidang perangkat lunak dan perangkat keras.

Baca juga: Luhut Pastikan Proses Investasi dengan Tesla Masih Berjalan

Menurut statistik media Taiwan, 75 persen dari pemasok suku cadang mobil listrik Tesla adalah perusahaan Taiwan. Misalnya, Fukuta Taiwan, yang memproduksi motor penggerak (dinamo) Tesla.

Korlantas pakai Tesla Model 3 Korlantas pakai Tesla Model 3

Perusahaan Taiwan lainnya adalah Petrokimia Chang Chun (Chang Chun Petrochemical) yang dapat memproduksi foil tembaga untuk elektroda negatif baterai lithium.

Sebab, hanya sedikit sekali perusahaan yang dapat memproduksi foil tembaga khusus yang ketebalannya hanya 5 mikron, lebih tipis dari rambut.

Maka itu, tembaga foil menjadi komponen vital dari aki mobil Tesla. Selain itu, ada banyak perusahaan Taiwan berkualitas tinggi yang telah memasuki rantai pasokan komponen Tesla.

Taiwan rajai industri mobil listrikDok. Pixabay.com Taiwan rajai industri mobil listrik

Mengutip keterangan tertulis dari Taipei Economic and Trade Office (TETO), Jumat (19/3/2021), menyebutkan bahwa Tesla tidak akan ada jika tanpa Taiwan.

Banyak perusahaan Taiwan telah menjadi mitra yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan mobil listrik utama dunia.

Menurut statistik media, setidaknya ada 800 perusahaan besar dan kecil di Taiwan yang menyediakan berbagai perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi yang dibutuhkan oleh produsen mobil listrik utama dunia.

Baca juga: Hyundai Klaim Sudah Menguasai Pasar Mobil Listrik di Indonesia

Misalnya, Calin Technology Taiwan menerapkan teknologi LiDAR, yang digunakan untuk memandu rudal jelajah, ke mobil listrik. Sehingga mobil listrik dapat mendeteksi kondisi 200 meter di depannya secara akurat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.