Korlantas Polri Bakal Hadirkan Aplikasi Perpanjangan SIM Online

Kompas.com - 19/03/2021, 17:12 WIB
Perpanjangan SIM di Angkringan Drive Thru satlantas polresta soloPerpanjangan SIM di Angkringan Drive Thru
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri berencana menghadirkan aplikasi khusus perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C secara daring untuk memudahkan para pemohon dalam pengurusan.

Lebih jauh, nantinya pemohon tak perlu lagi mengunjungi kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM. Cukup melalui layanan jarak jauh yang bisa diunduh melalui 'app store' atau 'play store'.

"Mekanisme perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa harus daftar ke Satpas," kata Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusuf, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Marak Kecelakaan Bus, Pengamat Minta Kapolri Ketatkan Penerbitan SIM

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM
 

Selanjutnya, pemohon memverifikasi nomor telepon seluler dan muncul fitur registrasi untuk mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai kartu tanda penduduk (KTP) atau nomor SIM sebelumnya.

"Dari data NIK dan nomor SIM itu memang sudah terdaftar belum di data registrasi Polri bahwa dia benar atau tidak sudah membuat SIM," papar Yusuf.

"Jika tidak atau palsu, maka akan otomatis terdeteksi sistem sehingga dibatalkan," ujarnya.

Kemudian setelah itu verifikasi hasil e-RIKKES dan e-PPSI untuk pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara elektronik. Jadi, Dokkes Mabes Polri sudah memberitahukan kepada Dokkes seluruh Polda.

Baca juga: Ini Batasan Umur untuk Pengajuan SIM

Seorang warga Depok kecewa saat mengurus perpanjangan SIM A nya layanan SIM keliling di Bundaran HI, justru datanya dimiliki orang lain. Minggu (10/4/2016)Kompas.com/Robertus Belarminus Seorang warga Depok kecewa saat mengurus perpanjangan SIM A nya layanan SIM keliling di Bundaran HI, justru datanya dimiliki orang lain. Minggu (10/4/2016)
Petugas Dokkes Polda memberitahukan ke kedokteran yang ditunjuk pada setiap wilayah agar melaksakana pemeriksaan terhadap pemohon SIM.

Setelah diperiksa, tim dokter akan meng-upload hasil pemeriksaan kesehatan dan psikotes pemohon beserta pernyataan lolos atau tidaknya.

Aplikasi perpanjangan SIM secara daring juga mencantumkan rekening pembayaran dan pengembalian biaya bila permohonan ditolak karena tidak memenuhi syarat dalam batas waktu 14 hari.

Baca juga: Razia Knalpot Bising, dB Killer Jadi Solusi?

 

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).polri.go.id Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Ketika pemohon sudah melewati berbagai syarat tersebut, sistem akan meminta verifikasi data pemohon perpanjang SIM melalui data NIK sesuai KTP dan swafoto SIM.

"Pemohon bisa memilih pengiriman foto dan tanda tangan, serta pilihan lokasi Satpas saat pengambilan SIM. Jadi kalau lulus yang mengantar SIM dari lokasi Satpas sesuai yang dipilih, mungkin di dekat rumah atau tempat kerja," kata Yusuf.

Pemohon juga bisa memilik mengambil SIM sendiri, dikuasakan kepada orang lain, atau dikirim melalui jasa PT Pos Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.