Mau Pakai Pelat Nomor Cantik? Segini Harganya

Kompas.com - 18/03/2021, 15:11 WIB
Ilustrasi plat nomor mobil pilihan atau favorit KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan DIlustrasi plat nomor mobil pilihan atau favorit

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap kendaraan bermotor yang ada di Indonesia tentunya memakai pelat nomor di bagian depan dan belakang. Pelat nomor ini tentunya sebagai identitas dari kendaraan, mulai dari kode kota, nomor, bulan, hingga tahun terdaftar.

Pelat nomor ini biasanya berlaku selama lima tahun. Jika sudah lewat waktunya, pemilik kendaraan harus mengganti dengan yang baru. Lalu berapa biaya penerbitan pelat nomor baru?

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) roda dua dan roda tiga yaitu Rp 60.000 sedangkan roda empat atau lebih Rp 100.000.

Baca juga: Stok Honda Jazz Sudah Menipis, Harga Naik?

Ilustrasi plat nomor pilihanGrid.id Ilustrasi plat nomor pilihan

Sedangkan bagi yang mau memakai pelat nomor cantik atau pilihan, biayanya mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 20 juta, tergantung jumlah angka dan huruf di belakang angka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diingat, pelat nomor cantik ini tidak berlaku untuk selamanya. Penggunaan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) tersebut wajib melakukan perpanjangan masa berlaku jika ingin tetap menggunakan nomor pilihan tersebut.

“Pelat nomor pilihan masa berlakunya mengikuti pajak lima tahunan STNK, kalau tidak dibayar maka pemilik kendaraan harus menggunakan pelat nomor biasa lagi seperti kendaraan pada umumnya,” kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Nyoman Yogi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Bamsoet Sebut Motor Listrik Bike Smart Electric Bakal Meluncur

Berikut ini daftar harga penerbitan NRKB mulai dari yang termahal sampai paling murah:

1. NRKB satu angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 20 juta. Ada huruf di belakang Rp 15 juta

2. NRKB dua angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta Ada huruf di belakang Rp 10 juta

3. NRKB tiga angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 10 juta Ada huruf di belakang Rp 7,5 juta

4. NRKB empat angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 7,5 juta Ada huruf di belakang Rp 5 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.