Kompas.com - 17/03/2021, 18:41 WIB
Ilustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutik Otomania/Setyo AdiIlustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi ini, sudah banyak orang yang melakukan perawatan sepeda motor ke bengkel. Tapi, tak sedikit juga yang ingin melakukannya sendiri di rumah.

Salah satu perawatan yang mudah untuk dilakukan di rumah adalah mengganti oli gardan. Khusus pengguna skuter matik (skutik), oli gardan memiliki fungsi penting, yakni melumasi sistem transmisi.

Baca juga: Pengguna Skutik, Ini Daftar Harga Oli Gardan di Solo Raya

Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur, mengatakan, untuk pergantian oli gardan skutik, cukup siapkan oli gardan yang dibutuhkan dan kunci ring ukuran 12 inci guna membuka baut pembuangan.

Oli gardan matik harus dilakukan penggantian ketika 8.000 km sekali.Ghulam/Otomania Oli gardan matik harus dilakukan penggantian ketika 8.000 km sekali.

“Selain kunci ring 12 atau T 12, siapkan loyang penampung oli bekas, lalu buka baut pembuangan oli gardan. Setelah habis, pasang lagi baut pembuangannya," ujar Gofur, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Gofur menambahkan, masukkan oli gardan yang baru lewat lubang masuk yang letaknya lebih tinggi dari pembuangan. Setelah terisi, langsung ditutup bautnya.

Baca juga: Jangan Sepelekan Dampak Telat Ganti Oli Gardan Skutik

"Pergantian oli gardan tidak perlu disemprot dengan angin bertekanan. Maka itu, pergantian oli gardan bisa dilakukan sendiri di rumah," kata Gofur.

Kick starter pada skutikKompas.com/Donny Kick starter pada skutik

Menurutnya, angin yang disemprotkan menggunakan kompresor mengandung air. Jadi, tidak disarankan untuk digunakan saat membersihkan transmisi.

"Dikhawatirkan nanti olinya terkontaminasi dengan air," ujar Gofur.

Untuk limbah oli bekasnya, Gofur menyarankan untuk dititipkan ke bengkel terdekat. Jangan dibuang sembarangan agar lingkungan tidak tercemar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X