Tren Pengemudi Bus Pakai Seragam, Ada yang Mirip Pilot

Kompas.com - 15/03/2021, 19:21 WIB
Salah seorang pengemudi bus Transjakarta koridor 13 rute Ciledug-Tendean, Abdul Chakim. KOMPAS.com/JESSI CARINA Salah seorang pengemudi bus Transjakarta koridor 13 rute Ciledug-Tendean, Abdul Chakim.

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa Perusahaan Otobus (PO) mewajibkan pengemudinya untuk memakai seragam. Bahkan PO tertentu memakai seragam layaknya pilot serta ada pangkat di bahu dan memakai dasi.

Dalam acara Opening Ceremony Perpalz TV Goes To Sumatera, Minggu (14/3/2021), Direktur Jenderal Perhubungan Darat kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, ada penjelasan tersendiri dari pengemudi yang diberi seragam.

“Satu, untuk melayani masyarakat. Kedua, ada peran yang disampaikan dari perusahaan kepada pengemudinya,” ucap Budi, Minggu (14/3/2021).

Baca juga: Mobil Mewah Kaisar Jepang Toyota Century, Dibuat Khusus dengan Tangan

Kru bus AKAPKompas.com/Fathan Radityasani Kru bus AKAP

Penyampaian pesan dari perusahaan kepada pengemudinya mengenai harga dari bus yang mereka kemudikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diingat, satu unit bus bisa berharga Rp 1 miliar sampai Rp 3 miliar, tidak sembarang orang boleh mengemudikannya.

“Mobil Rp 2,5 miliar kan perusahaan enggak rela kalau dibawa oleh pengemudi yang ugal-ugalan atau pengemudi yang SIM-nya enggak benar atau enggak punya keterampilan,” kata Budi.

Baca juga: Jelang Seri Pembuka MotoGP, Quartararo Khawatir dengan Ducati

Budi mengatakan, tidak ada salahnya mengangkat harkat martabat pengemudi dan menyampaikan pesan tadi dengan memberikan pengemudinya seragam yang bagus. Kalau seragamnya bagus, mungkin dia akan bangga.

“Kalau seragamnya bagus, mungkin dia akan bangga dan membawa busnya dengan hati-hati,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.