Kompas.com - 15/03/2021, 12:22 WIB
Honda PCX 160 Kompas.com/DonnyHonda PCX 160

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan tampilan yang tak jauh berbeda dari generasi sebelumnya, Honda PCX 160 juga tetap menawarkan kenyamanan berkendara yang sama. Selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup beragam.

Beberapa fitur dari PCX 150 masih dipertahankan pada skuter matik (skutik) bongsor ini, seperti panel meter full digital, sistem pencahayaan berteknologi LED, power outlet, Smart Key System, pilihan rem ABS, kapasitas bagasi yang luas, dan lainnya.

Baca juga: Piston Honda PCX 160 Bermasalah Dibawa ke AHASS, Langsung Ganti Baru

Meski demikian, ada sedikit ubahan pada beberapa fitur tersebut. Tampilan panel meter full digital sedikit berubah dengan layar yang lebih lebar dan cukup informatif.

Honda PCX 160Kompas.com/Donny Honda PCX 160

Namun, ada sedikit kekurangan, seperti pilihan trip meter yang hanya ada satu dan tidak ada takometer atau penunjuk rpm pada panel meternya.

Kapasitas bagasi juga ditingkatkan. Sebelumnya, kapasitas bagasi PCX 150 hanya 28 liter. Pada PCX 160 ini, kapasitasnya meningkat menjadi 30 liter berkat penggunaan rangka yang baru.

Baca juga: Ada Kasus Piston Macet, Simak Teknologi Baru pada Piston Honda PCX 160

Desain remote dari Smart Key System juga mengalami revisi. Tombolnya didesain ulang dan diperbesar agar semakin nyaman dan mudah dioperasikan.

Honda PCX 160Kompas.com/Donny Honda PCX 160

Untuk power outlet, kini PCX 160 semakin mempermudah penggunanya. Pada generasi sebelumnya, power outlet masih membutuhkan adaptor model car charger. Sementara pada PCX 160, sudah tinggal colok kabel USB tipe A saja.

Kapasitas penyimpanannya juga ditingkatkan menjadi 1,7 liter untuk memudahkan memasukkan dan mengeluarkan barang. Dengan kapasitas tersebut, kotak konsol depan ini kira-kira dapat menampung botol air mineral ukuran 330 ml.

Baca juga: Mengulas Performa PCX 160 dan Yamaha Nmax 155

Fitur lainnya yang menjadi banyak pembicaraan adalah Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau kontrol traksi. Fitur ini baru disematkan pada PCX 160, sebelumnya dapat juga ditemui pada Forza.

Honda PCX 160Kompas.com/Donny Honda PCX 160

Adanya HSTC ini diyakini dapat memberikan rasa aman saat motor melaju di permukaan jalan yang mudah selip. Sehingga, ban belakang tetap mendapat traksi yang optimal meski permukaan jalan licin.

Saat test rider Kompas.com mencobanya dalam kondisi hujan, memang terasa lebih percaya diri saat berakselerasi. Fitur HSTC ini juga dapat diaktifkan dan dinonaktifkan dengan menggunakan sakelar multifungsi yang ada pada panel meter.

Baca juga: Mengupas Fitur Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax

Belum ada fitur atau teknologi untuk menghubungkan smartphone dengan motor seperti pada Yamaha All New Nmax 155. Selain itu, suspensi yang digunakan juga model standar dan belum dilengkapi dengan tabung yang bisa diatur preload-nya sesuai selera.

Honda PCX 160Kompas.com/Donny Honda PCX 160

Dengan ragam fitur tersebut, Honda PCX 160 dipasarkan dengan harga Rp 30.350.000 (OTR Jakarta) untuk tipe CBS dan dibanderol Rp 33.950.000 (OTR Jakarta) untuk tipe ABS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X