Dapat Diskon PPnBM Terbesar, Cicilan Toyota Vios Mulai Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 13/03/2021, 12:24 WIB
Toyota Vios 2018. Dok. TAMToyota Vios 2018.
|

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Vios jadi salah satu mobil yang menarik dimiliki pada awal 2021. Tentunya karena mobil ini jadi unit yang mendapatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) terbesar.

Seperti diketahui, ada 21 mobil yang berhak mendapatkan insentif seperti yang tertuang dalam Kepmenperin No. 169 Tahun 2021.

Vios jadi sedan satu-satunya yang masuk skema ini, sebab mobil ini memenuhi kriteria yang diajukan, yakni berkapasitas kurang dari 1.500 cc dan memiliki kandungan lokal minimal 70 persen.

Baca juga: Motor Disita karena Pakai Knalpot Racing, kenapa Tak Ditilang Saja?

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, dari ke enam model penerima insentif PPnBM, Vios mendapatkan diskon paling besar yakni hingga Rp 65 juta.

“Hal ini karena PPnBM untuk jenis sedan memang lebih besar yakni 30 persen,” ujar Anton Jimmi saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu, harga mobil Toyota Vios jauh menjadi lebih murah. Belum lagi ditambah dengan potongan harga yang diberikan oleh diler.

Baca juga: Marak Atlet Lempar Batu ke Bus dan Truk, Sangat Meresahkan

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

“Diskon Vios saat ini mencapai Rp 10 juta, itu di luar relaksasi pajak. Itu NIK (Nomor Identifikasi Kendaraan) 2021, karena NIK 2020 sudah habis,” ucap salah satu pramuniaga Toyota, kepada Kompas.com (13/3/2021).

Artinya, kombinasi insentif PPnBM dengan diskon dari diler membuat Vios jadi mobil yang mendapatkan potongan harga paling besar, mencapai Rp 75 juta.

Sebagai contoh, setelah dapat relaksasi pajak, Vios tipe E M/T dihargai Rp 244,4 juta. Konsumen yang membeli secara kredit bisa memberikan DP atau uang muka 30 persen, sekitar Rp 73,3 juta. Dengan tenor cicilan selama 60 bulan atau 5 tahun, angsuran per bulannya sekitar Rp 4 jutaan.

Sementara untuk varian Vios G CVT yang dibanderol Rp 273,6 juta, konsumen bisa menyerahkan uang muka 30 persen atau sekitar Rp 82 juta. Nantinya angsuran per bulan sekitar Rp 4,4 juta seama 60 bulan atau 5 tahun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X