Daftar Harga Bekas Xenia dan Avanza, Anjlok karena PPnBM 0 Persen?

Kompas.com - 03/03/2021, 12:21 WIB
Mobil bekas di WTC Mangga Dua KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMobil bekas di WTC Mangga Dua
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil bekas masih menjadi primadona bagi yang ingin memiliki mobil tapi punya masalah ketersediaan dana yang lebih sedikit.

Ada yang sedikit berubah setelah rilisnya Peraturan kementerian Perindustrian tentang insentif pajak 0 persen sudah mulai diberlakukan untuk penjualan kendaraan roda empat mulai 1 Maret 2021.

Akibat dari peraturan baru mengenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah 0 persen, harga mobil bekas dengan tahun produksi 2019 sampai tahun 2020 juga mengalami perubahan.

Baca juga: Mengenal Honda Giorno, Lebih Bulat dari Scoopy

Untuk mobil bekas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Joni Gunawan selaku pebisnis mobil seken di WTC Mangga Dua, Jakarta, menyebutkan adanya perubahan harga pada dua low MPV tersebut.

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

“Untuk Avanza dan Xenia pengurangannya tidak terlau banyak, berkisar Rp 5 jutaan," ungkap Joni saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Inden Toyota Raize Mulai Dibuka, Simak Estimasi Harganya | Harga Mobil Toyota Turun sampai Rp 65 Juta

Joni menambahkan, untuk dampak PPnBM belum terlalu dapat dirasakan oleh pedagang mobil bekas karena peraturan tersebut diberlakukan baru dua hari.

Jadi perlu waktu agar bisa mengetahui apakah berdampak kepada penjualan mobil bekas.

“Kita lihat saja minggu ke dua atau ke tiga bagaimana perubahannya," ujar Joni.

Toyota Avanza di pasar mobil bekas MGK Kemayoran. Toyota Avanza di pasar mobil bekas MGK Kemayoran.

Berdasarkan pemantauan terhadap harga di situs jual beli mobil bekas online, berikut adalah daftar harga bekas untuk Toyota Avanza.

Baca juga: Daftar Harga Xpander Bekas Setelah Penerapan Insentif Pajak 0 Persen

Untuk harga Toyota Avanza tipe 1.3 E tahun produksi 2019 antara Rp 130 juta hingga Rp 150 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X