Kompas.com - 05/03/2021, 08:12 WIB
Sanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021 DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKISanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewajibkan kendaraan untuk melakukan uji emisi pada tahun ini. Bahkan, nantinya akan ada sanksi bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi.

Hal ini tentu menjadi momok yang menakutkan bagi pemilik mobil lawas ataupun mobil bekas.

Lantas, bagaimana caranya agar mobil bisa lulus uji emisi?

Baca juga: Hyundai Tambah 3 Diler Lengkap dengan Fasilitas Charging Station

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, salah satu kunci agar mobil bisa lulus uji emisi adalah dengan melakukan perawatan secara berkala. Menurutnya, lewat perawatan berkala mobil akan terus diperhatikan meski sudah berumur.

Selain itu, komponen-komponen yang sudah aus juga bisa diganti sehingga pembakaran selalu sempurna.

Ganti knalpot mobil butuh perhatian di banyak bagian.Otomania-Donny Apriliananda Ganti knalpot mobil butuh perhatian di banyak bagian.

“Jangan modifikasi kendaraan. Biarkan mobil tetap standar pabrik sehingga pembakaran normal. Campuran bahan bakar atau udara yang lebih banyak berpotensi membuat gas buang lebih kotor,” ujar Deni saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Tidak Semua PO Bus Pakai Bodi Buatan Adiputro

Tidak hanya itu, penggunaan knalpot racing juga bisa memengaruhi gas buang mobil. Pastikan saluran pembuangan standar agar dapat menekan polusi yang dihasilkan dari pembakaran.

Menurut Deni, mengganti knalpot racing atau melepas catalytic conventer meski mesin masih standar juga tidak disarankan.

“Selain bikin gas buang lebih kotor, bisa juga bikin hangus garansi,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X