Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisakah Bus Sasis Premium Pakai Pintu Belakang?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus dengan sasis premium seperti Scania K360iB, Mercedes Benz OH 1836 sampai model triple axle biasanya memiliki pintu belakang yang posisinya ada di tengah bodi.

Pasalnya, ukuran radiator mesin yang besar lokasinya ada di sisi kiri belakang, sehingga pintu harus geser ke bagian tengah bodi bus.

Namun, apakah bisa bus dengan pintu tengah ini dipindah ke bagian belakang?

Anggota dari Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, penggunaan pintu belakang ini sebenarnya kembali lagi ke sasisnya. Beberapa sasis premium memang ada yang bisa dibuat jadi pintu belakang.

“Scania K360iB buatan Adiputro juga bisa dibuat pintu belakang. Sedangkan untuk sasis tronton, enggak bisa dibuat pintu belakang, harus di tengah,” ucap Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Begitu juga karoseri Laksana, pernah membuat pintu belakang di sasis Scania K360iB milik PO STJ. Uniknya, karoseri New Armada juga pernah membuat bus dengan sasis Mercedes benz OH 1836 dengan pintu di belakang walaupun ada konsekuensinya.

Development Design karoseri New Armada, Deddy Hermawan mengatakan, bodi dengan pintu yang seharusnya di tengah kemudian minta di belakang, memang berdasarkan dari keinginan customer.

“Sasis 1836 memang masih ada sedikit ruang di belakang meski mepet, tapi lebih baik memang pakai pintu tengah,” ucap Deddy kepada Kompas.com.

Mengingat  keinginan customer yang tetap ingin posisi pintunya di belakang, terpaksa step tangga ada modifikasi untuk area compressed air system. Modifikasi ini membuat tangga masuk ke kabin bus jadi lebih sempit.

Memindah pintu dari tengah ke belakang ini biasa diminta oleh customer yang tetap menginginkan bagasi yang luas. Karena jika pintu ada di tengah, bagasi di sisi kiri jadi lebih sedikit, sehingga tidak muat banyak barang.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/04/104200815/bisakah-bus-sasis-premium-pakai-pintu-belakang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke